Macam-Macam Audit Energi

Audit energi merupakan langkah awal dalam melaksanakan pencatatan data-data pemakaian energi, mengidentifikasi sumber-sumber pemborosan energi dan analisis kemungkinan pengematan energi, serta pembuatan perhitungan atas langkah-langkah yang diperlukan.

Audit energi juga diartikan sebagai proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta rekomendasi peningkatan efisiensi pada pengguna energi dan pengguna sumber energi dalam rangka konservasi energi.

Audit energi dilakukan untuk mendapatkan potret penggunaan energi.

Tujuan audit energi ini dilakukan untuk memahami masalah penggunaan energi serta intensitas dan kinerja energi, potensi penghematan energi, manfaat dan langkah yang diperlukan (Parlindungan Marpaung, 2014).



Berdasarkan tingkat kedalaman yang dihasilkan, audit energi dibedakan menjadi:

Walk-Through Audit (Pengamatan Singkat)

Merupakan audit energi dengan tingkat kegiatan paling rendah, yaitu level 1 (satu). Aktivitasnya adalah:

  • Mengumpulkan data (bersifat umum), pengamatan singkat secara virtual dan wawancara.
  • Analisis dan evaluasi data (sangat dasar) sistem pemanfaat energi, intensitas pemakaian energi dan kecenderungannya, serta benchmark intensitas energi rata-rata terhadap perusahaan sejenis dan menggunakan peralatan atau teknologi serupa.

Audit ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum pengelolaan energi.

Audit Energi Awal (Preliminary Audit)

Audit Energi Awal (AEA) merupakan level kedua dari tingkat kegiatan audit energi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui besarnya potensi penghematan energi.

Kegiatan ini sedikit lebih lengkap dari audit level satu, data dan informasi yang digunakan sudah didasarkan dengan hasil pengukuran/sesaat.

AEA terdiri dari dua bagian, yaitu:

  • Survei manajemen energi
    Surveyor atau auditor energi mencoba untuk memahammi kegiatan manajemen yang sedang berlangsung dan kriteria putusan investasi yang mempengaruhi proyek konservasi.
  • Survei energi (teknis)
    Bagian teknis AEA mengulas kondisi dan operasi peralatan dari pemakai energi yang penting (misalnya sistem uap) serta instrumentasi yang berkaitan dengan efisiensi energi.

AEA akan dilakukan dengan menggunakan sesedikit mungkin instrumentasi portable.

Auditor energi akan bertumpu pada pengalamannya dalam mengumpulkan data yang televan dan mengadakan observasi yang tepat, memberikan diagnosa situasi energi pabrik secara cepat.

AEA sangat berguna untuk mengenali sumber-sumber pemborosan energi dan tindakan-tindakan sederhana yang dapat diambil untuk meningkatkan efisiensi energi dalam jangka pendek.

Audit Energi Terinci

Audit Energi Terinci (AET) merupakan level ke-tiga dan tertinggi dalam kegiatan audit energi.

Audit ini lebih mendalam dengan lingkup yang lebih luas, rekomendasi didasarkan atas kajian teknis dengan urutas prioritas yang jelas.

Hasil dari audit terinci adalah uraian lengkap tetang jenis dan sumber energi, rugi-rugi energi, faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi energi, karakteristik operasi peralatan/sistem energi, potensi penghematan energi berdasarkan analisis data secara lengkap dan rekomendasi.

AET biasanya akan membutuhkan beberapa minggu tergantung pada sifat dan kompleksitas pabrik.

Selain mengumpulkan data pabrik dari catatan yang ada, instrumentasi portable digunkana untuk mengukur parameter operasi yang penting yang dapat membantu tim mengaudit energi dalam neraca material dan panas pada peralatan proses.

Uji sebenarnya yang dijalankan serta instrumen yang diperlukan bergantung pada jenis fasilitan yang sedang dipelajari, serta tujuan, luas dan tingkat pembiayaan program manajemen energi.

Apabila anda membutuhkan audit energi listrik, anda dapat melakukannya di https://sewatama.com/id/ yang memiliki tim ahli berstandar internasional dalam bidang simulasi dan permodelan energi, tekhnik mesin, elektronika serta audit energi listrik yang berspesialisasi dalam perancangan energi efisiensi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Di https://sewatama.com/id/ selalu memegang standar tertinggi dalam menjalankan pelayanan bagi para konsumennya.

M. Lutfi Hamid

Hanya Manusia biasa yang sukanya ngaku blogger tapi jarang nulis, dan ngaku penjual online tapi jarang upload produk 😀

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

five × 2 =