[Buku ke-2] Berpikir dan Berjiwa Besar – Pelajaran Tentang Pertanyaan Diri

Ini adalah buku kedua yang selesai saya baca di tahun 2020 dari minimal 40 buku yang menjadi target saya seperti yang pernah saya ceritakan di artikel lain di blog ini.

Buku ini berjudul “The Magic of Thinking Big” atau dengan judul yang berbahasa Indonesia “Berpikir dan Berjiwa Besar”, dan seperti juga buku yang pertama yaitu “Rich Dad Poor Dad”, buku The Magic of Thinking Big merupakan buku luar yang sudah diterjemah.

Agak sedikit lama saya menyelesaikan bacaan buku ini, selain karena jumlah halamannya mencapai 400 halaman, juga karena saya masih sempat baca buku tentang reksadana hingga selesai (mungkin nanti saya juga akan menceritakannya di kesempatan lain).

Ada banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan dari buku ini, khususnya materi tentang kepercayaan diri, cara berpikir positif dan cara berpikir kreatif.

Salah satu kutipan yang paling saya suka dari buku tersebut adalah

“Jika anda percaya bahwa anda bisa melakukan apa yang anda inginkan, maka pikiran anda akan mencari cara bagaimana cara melakukannya. Sebaliknya, jika anda percaya bahwa anda tidak bisa melakukannya, maka pikiran anda akan mencari pembenaran dan alasan bahwa anda memang tidak bisa melakukannya”

Keren bukan? Dan tentunya masih banyak lagi kutipan-kutipan dahsyat lainnya yang bisa anda nikmati di buku “The Magic of Thinking Big” tersebut untuk meraih hidup yang lebih baik.

Dan salah satu cara yang keren yang saya dapatkan dari buku tersebut adalah mengubah cara kita berpikir dan bertindak dengan sebuah pertanyaan.

Seperti yang pernah saya katakan di artikel lain di blog ini, bahwa kata-kata yang kita ucapkan bisa mempengaruhi cara kita berpikir, dan cara kita berpikir bisa mempengaruhi cara kita bertindak.

Yess, ada banyak pertanyaan di buku tersebut yang bisa kita ajukan pada diri kita sendiri agar diri kita bisa berubah seperti yang kita inginkan.

Dan di tulisan kali ini, saya akan share beberapa pertanyaan yang saya temukan di buku tersebut. Dan jika anda ingin mendapatkan materi yang lebih lengkap, anda bisa membaca bukunya 😀

Berikut pertanyaan yang saya maksud di atas 😉

Pertanyaan-pertanyaan Agar Memiliki Sikap Menjadi Lebih Baik

“Bagaimana saya dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik hari ini?”

“Apa yang dapat saya lakukan untuk pelanggan saya?”

“Bagaimana saya dapat meningkatkan efisiensi pribadi saya?”

“Bagaimana saya dapat meningkatkan kualitas prestasis aya? Bagaimana saya dapat bekerja lebih baik?”

Pertanyaan-pertanyaan Agar Menjadi Orang Lebih Besar dan Lebih Penting

Ketika kita cemas, “Apakah orang penting khawatir mengenai hal ini? Atau merasa terganggu?”

Terkait apa yang kita baca, “Apakah orang penting akan membaca ini?”

Tentang lelucon, “Apakah ini jenis lelucon yang akan disampaikan oleh orang penting?”

Ketika kehilangan kesabaran, “Apakah orang penting akan menjadi jengkel dengan apa yang membuat saya jengkel?”

Pertanyaan Agar Selalu Memberikan Service Yang Lebih Baik

“Bagaimana saya dapat memberi lebih dari yang diharapkan dari saya?”, tanyakan hal ini kepada diri sendiri setiap hari

Dan masih pertanyaan-pertanyaan bagus lainnya yang bisa anda temukan di buku “Berpikir dan Berjiwa Besar” ini, selamat membaca 😉

Kemudian, jika anda ingin ikut kursus online tentang cara berpikir positif, anda bisa lihat halaman berikut untuk infonya => Kursus Berpikir Positif

Mungkin hanya ini yang bisa saya share pada tulisan kali ini, semoga bermanfaat!

M. Lutfi Hamid

Hanya Manusia biasa yang sukanya ngaku blogger tapi jarang nulis, dan ngaku penjual online tapi jarang upload produk 😀

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

nineteen − 9 =