Daftar Buku Apik Yang Telah Dibaca di Tahun 2022

Daftar Buku Apik Yang Telah Dibaca di Tahun 2022
  • Save

Tahun 2020 kemaren, saya punya target untuk membaca setidaknya 40 buku, namun di akhir tahun saya hanya bisa menuntaskan belasan buku saja.

Meski bahkan tidak sampai 50% kesuksesannya, tapi pencapaian tersebut sangat luar biasa bagi saya.

Karena, semenjak lulus dari kampus 2016 yang lalu, saya jarang membaca buku hingga selesai.

Tahun 2021 merupakan tahun yang sangat kelam, setidaknya bagi diri saya pribadi, selain karena kesibukan yang tiada tara, pandemi juga tak kunjung reda hingga tubuh saya-pun ikut terkapar tak berdaya.

Sehingga, di tahun tersebut saya tidak punya target dalam baca buku, bahkan saat saya sakit di pertengahan tahun tersebut, aktifitas baca kitab Dalail-pun ikut libur tanpa daya.

Meski begitu, ada beberapa buku yang sempat saya beli dan baca, seperti hypnowriting karya Joe Vitale, The Calm Investor karya Teguh Hidayat, dan beberapa buku menarik lainnya.

Dan di tahun 2022 ini, tubuh dan pikiran saya kembali bergairah dan menatap optimis bahwa kehidupan ini akan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, aamiin yaa Rabb!

Tidak seperti tahun 2020 kemaren dimana target saya baca 40 buku setahun. Di tahun 2022 ini, saya mempunyai target untuk baca minimal 20 halaman buku perhari.

Jika saya sukses rutin membaca tiap hari, maka dalam setahun setidaknya saya membaca 7300 halaman buku. Semoga saya bisa mencapainya, aamiin yaa Rabb!

Atau jika buku yang dibaca setebal 250 halaman, maka ada sekitar 29 buku yang selesai dibaca.

Nah, di halaman ini saya akan mencatat buku-buku yang telah saya baca + sedikit ulasannya, sebagai bahan evaluasi terkait target saya dalam membaca buku.

Jika kamu ingin mempelajari bagaimana cara mengatasi malas membaca, bisa kamu pelajari disini 😉

Table of Contents

Berikut adalah list buku yang saya baca di tahun 2022 (List ini akan terus saya update seiring dengan bertambahnya buku yang saya baca)

1. Buku The Science of Success

Buku ini ditulis oleh Yodhia Antariksa, beliau salah seorang blogger kenamaan di Indonesia, dan Blognya pernah dinobatkan sebagai blog bisnis terbaik di Indonesia.

Jika di buku atau penjelasan lain kebanyakan hanya menjelaskan cara sukses financial atau profesional saja, maka di buku ini berbincang tentang bagaimana meraih sukses di 7 dimensi kehidupan berdasarkan science, ditulis dengan bahasa yang renyah dan mengalir.

Ada beberapa temuan saintifik yang menarik untuk diperhatikan terkait kesuksesan dari berbagai dimensi dan juga langkah-langkah praktical untuk menuju sukses tersebut.

2. Buku Psychology of Money

Buku ini juga ditulis oleh Yodhia Antariksa, karena memang saya beli 3 bukunya sekaligus dalam satu paket, dan satu bukunya lagi akan segera saya rampungkan bacaannya.

Buku Psychology of Money ini menjelaskan tentang psikologi-psikologi keuangan yang kerap mempengaruhi perjalanan dan kebutuhan finansial kita, temuan saintifik yang layak dicermati, serta langkah praktikal dalam mengelola, memanfaatkan dan menghindari (jika dampaknya negatif) psikologi tersebut agar masa depan finansial kita menjadi jauh lebih baik lagi dan tak lagi nestapa.

3. Buku How to Build Strong Self-Discipline

Buku ini juga ditulis oleh Mas Yodhia, berbincang tentang bagaimana membangun disiplin diri yang tinggi untuk meraih impian yang indah.

Disertai dengan temuan-temuan ilmiah yang menarik, juga disajikan dengan bahasa yang renyah sehingga membacanya begitu menyenangkan.

Ada banyak materi yg dibahas di buku ini untuk meraih disiplin diri yang luar biasa, seperti willpower distroyer, happiness booster, dan lain-lain.

4. Buku YUK, MENULIS ESAI, Menulislah Seperti RA. Kartini

Ditulis oleh mbak Desi Komalawati, Buku ini berbincang tentang panduan menulis esai sastra yang dilengkapi dengan 3 buah surat Kartini dari buku Habis Gelap Terbitlah Terang + kumpulan karya perlajar / mahasiswa dan penyair. Disajikan dengan bahasa yang sederhana, mudah dan lengkap.

5. Buku The Intelligent Investor

Ini Buku adalah buku paling tebal yang pernah saya baca untuk kategori non fiksi (sekitar 700 halaman), buku yang ditulis oleh Benjamin Graham tentang menjadi investor pintar.

Awalnya, saya mengira buku ini hanya membahas Bagaimana menjadi investor saham, dan Bagaimana kriteria memilih saham yang bagus, khususnya untuk pasar US, tapi ternyata saya salah.

Dalam buku ini lebih dari apa yang saya bayangkan, tidak hanya tentang saham tetapi juga tentang obligasi dan bahkan cerita-cerita tentang perusahaan yang ada di bursa US dari tahun ke tahun, yang mana cerita-cerita tersebut terus berulang di perusahaan yang berbeda di tahun-tahun berikutnya.

“Apa yang pernah terjadi, akan terjadi lagi. Apa yang pernah dilakukan, akan dilakukan lagi” salah satu kutipan bagus di buku tersebur. Dan menurut Warren Buffett buku ini merupakan buku terbaik yang pernah ditulis tentang investasi.

6. Buku The Power of Habit

Buku yang ditulis oleh Charles Duhigg ini merupakan salah satu buku paling keren yang pernah saya baca, saya tahu dan tertarik untuk membaca buku ini berawal dari vlog-nya mas Yodhia di channel youtubenya.

Buku tentang kekuatan kebiasaan ini banyak menyajikan fakta-fakta menarik tentang habit, entah itu personal habit, kebiasaan perusahaan, ataupun kebiasaan komunitas.

Dan masih ada satu lagi buku tentang habit yang saat ini sedang saya baca 😉

7. Buku The Psychology of Money

Meski secara judul buku ini sama dengan buku di poin kedua. Akan tetapi, penulis dari kedua buku tersebut berbeda, yang satu asli Indonesia yaitu mas Yodhia, sedang penulis buku poin ini dari luar yaitu Morgan Housel yang merupakan mantan kolumnis di The Motley Fool dan The Wall Street Journal.

Selain penulisnya berbeda, pembahasannya juga tidaklah sama. Jika bukunya mas Yodhia pembahasannya lebih ke psikologi-psikologi yang berpengaruh terhadap perjalanan keuangan kita.

Dan untuk buku yang ditulis oleh Morgan ini lebih ke pentingnya bagaimana mengelola uang, berhemat, menabung dan investasi. Khususnya investasi di saham publik.

Salah satu kutipan menarik di bukunya adalah “Mengelola uang dengan baik tidak ada hubungannya dengan kecerdasan anda dan lebih banyak berhubungan dengan prilaku anda.”

8. Buku Atomic Habit

Buku ini saya beli bersamaan dengan buku The Power of Habit. Seperti buku sebelumnya, Atomic Habit ini juga berbincang tentang kebiasaan, bagaimana cara membentuk kebiasaan, mempertahankan kebiasaan, dan berbagai aspek penting lainnya.

Buku yang ditulis oleh James Clear ini merupakan salah satu buku paling lengkap yang mengupas tentang Habit.

9. Update Soon

Oke, sobat. Mungkin hanya ini yang bisa saya share, semoga yang saya targetkan di tahun 2022 ini bisa dicapai dengan sempurna, aamiin yaa Rabb!

Related Post

Leave a Comment

1 × four =