1 Ungkapan Yang Membuat Saya Ingin Terus Bersyukur – Cara Bersyukur Ala Saya

By:   / Updated: February 4, 2019

Setelah membaca tulisan ini hingga selesai, Anda akan tahu sebuah ungkapan atau kata-kata yang bisa membuat Anda selalu ingin bersyukur meski banyak sekali kekurangan yang Anda punya + Anda akan tahu bagaimana cara bersyukur ala saya hehe

Cara Bersyukur kepada Allah

Namun, sebelum lanjut membaca, Anda boleh share artikel ini dengan menekan tombol share di bawah artikel atau di samping, agar manfaat dari tulisan ini tidak hanya dirasakan oleh Anda tapi juga oleh yang lain 🙂

Yuuk lanjut..!!

Mengapa kita harus bersyukur? Karena Bersyukur merupakan cara kita berterima kasih kepada Sang Pencipta atas segala nikmat yang telah Ia turunkan kepada kita setiap saat tanpa lelah.

Mengapa harus bersyukur? Karena dengan besyukur, kita mengakses energi positif ke dalam diri kita sehingga motivasi kita menjadi bangkit.

Mengapa kita harus bersyukur? Karena dengan bersyukur maka nikmat yang kita dapatkan semakin ditambah berkali lipat oleh Allah SWT.

Di salah satu ayat dalam Alquran disebutkan bahwa “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu. Tetapi, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”

Tapi masalahnya, banyak dari kita yang meski meski sudah bersyukur tapi dampaknya terhadap hidup kita kurang begitu kerasa.

Bahkan, banyak yang jarang bahkan nggak mau bersyukur hanya karena mereka merasa kurang begitu beruntung atau masih banyak kekurangan. Semoga itu bukan Anda yaa 🙂

Nah, di artikel kali ini saya mencoba share sebuah ungkapan yang membuat saya ingin selalu bersyukur, mengapa kita jarang bahkan malas bersyukur + bagaimana cara terbaik untuk bersyukur.

Yuuk disimak 🙂

1 Ungkapan Yang Membuat Saya Ingin Selalu Bersyukur

Kemaren, saya membaca lagi sebuah buku favorit saya, “buku hitam” sebutannya, karena memang covernya berwarna hitam 😀 Sebuah buku sederhana yang selalu menginspirasi saya dan membuat semangat saya kembali berkobar.

Di buku tersebut, ada sebuah pepatah menarik dari persia yang tertulis begini

“Saya Mengutuk Keadaan Bahwa Saya Tidak Mampu Beli Sepatu, Hingga Saya Bertemu Dengan Orang yang Tidak Punya Kaki” (Pepatah Persia)

Pepatah tersebut membuat penulis buku yang saya baca menggigil hingga ke tulang sumsum. Pun begitu dengan saya (meski tidak sampai menggigil ke tulang sumsung :-D), jika membaca kembali ungkapan tersebut, ingin selalu saya berterimakasih kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah Ia berikan.

Begitu sering saya sedih gara-gara tidak bisa membeli baju bagus, tidak bisa beli kendaraan, tidak bisa membeli makanan enak, dan tidak bisa beli apapun yang saya inginkan. Padahal di luar sana, masih banyak yang lebih kurang dari saya.

Mengapa Kita Kurang Bersyukur?

Seperti ungkapan yang saya share sebelumnya, karena kita selalu fokus pada apa yang tidak kita miliki, kita selalu memikirkan apa yang tidak bisa kita dapatkan, dan kita selalu terbayang-bayang apa yang tidak bisa terjadi pada kita.

Dan memang begitulah manusia, sudah manusiawi kok..

Akan tetapi, yang juga perlu kita sadari dengan betul-betul sadar sepenuhnya, bahwa apa yang kita miliki saat ini merupakan harapan banyak orang di luar sana.

Kita begitu sedih karena tidak bisa membeli sepatu baru, padahal di luar sana, jangankan untuk beli sepatu, bahkan kaki-pun ada yang tidak punya.

Kita begitu sering mengeluh karena tidak mampu untuk makan makanan yang enak dan lezat. Padahal di luar sana, jangankan untuk makan makanan yang enak, bahkan untuk makan-pun kadang 3 hari sekali.

Dan begitu banyak hal-hal yang diinginkan oleh orang lain di luar sana, dan yang mereka inginkan itu kita miliki. Hanya saja, kita malah merasa kurang dan masih menginginkan yang lain yang masih belum kita miliki.

Itulah kenapa kita jarang sekali bersyukur, karena kita terlalu fokus kepada kekurangan kita, kita terlalu fokus ke hal-hal yang belum kita miliki, tanpa pernah mau menyadari bahwa kita punya banyak hal yang diluar sana masih banyak orang yang menginginkannya.

Bagaimana Cara Bersyukur yang Efektif?

Jika di poin sebelumnya alasan kenapa kita kurang bersyukur, karena kita terlalu fokus ke apa yang tidak bisa kita miliki dan kita dapatkan.

Maka untuk bersyukur yang efektif, setidaknya ada 4 langkah yang hingga saat ini masih sering saya lakukan.

=> Siapkan buku tulis dan pulpen, untuk pertama siapkan buku tulis atau kertas yang terpenting bisa ditulis hehe dan pulpen. Tapi jika Anda ingin yang rutin, maka sediakan satu buku tulis khusus untuk buku bersyukur.

=> Ingat-ingat kebaikan / nikmat yang Anda terima hari ini, sekarang coba renungkan atau ingat-ingat, nikmat apa yang Anda alami hari ini, 3 saja tidak usah banyak-banyak.

Karena kalaupun mau dihitung tentu akan kebanyakan hehe, ini hanya sebagai latihan awal saja. Coba ingat-ingat 3 saja yang Anda alami hari ini.

Dengan mengingat secara sadar apa nikmat yang telah kita alami, maka akan merubah fokus kita dari rasa kekurangan ke rasa keberlimpahan, nah rasa keberlimpahan ini yang memunculkan rasa bersyukur dari dalam diri kita.

=> Tuliskan Nikmat Yang Telah Anda Terima itu, kemudian, 3 nikmat yang sudah Anda ingat barusan ditulis di buku yang terlah Anda siapkan tadi, dibarengi dengan kata “Alhamdulillah” atau “Terimakasih Tuhan

Contoh kalau yang biasa saya lakukan, “Alhamdulillah, hari ini mendapatkan penjualan produk sekian”, “Terimakasih Tuhan, hari ini bisa sedekah ke mesjid” dan lain-lain.

Cara Bersyukur kepada Orang Tua

Dengan menuliskan nikmat yang telah Anda alami, maka rasa keberlimpahan yang muncul semakin merasuk ke dalam hati kita, sehingga rasa berterimakasih atau rasa bersyukur akan benar-benar ikhlas muncul dari dalam diri kita.

=> Lakukan Setiap Hari, nah ini yang juga tak kalah penting, yaitu melakukannya setiap hari, kalau saya bisa melakukannya di malam hari kadang di sore hari. Terserah Anda kapan enaknya.

Karena, semakin sering Anda melakukannya, maka nikmat yang Anda dapatkan akan semakin bertambah.

Lalu bagaimana jika malas untuk melakukannya, malas untuk menuliskannya?

Saran saya ada di tips nomer 5 🙂

=> Dengarkan Audio Terapi Syukur Secara Rutin, yess, jika Anda malas untuk melakukan semua hal di atas, maka saran saya dengarkan audio terapi bersyukur. Ini yang sering saya lakukan di saat waktu luang.

Apa itu Audio Terapi bersyukur? Sederhananya, audio terapi bersyukur Adalah sebuah Audio berjenis MP3 yang membimbing Anda untuk merasakan nikmat-nikmat yang Anda alami setiap hari.

Untuk lebih lengkapnya tentang Audio terapi bersyukur akan saya ulas pada poin berikutnya.

Audio Terapi Bersyukur

Audio Terapi Bersyukur merupakan Rangkaian dari paket kursus Beautiful Mind Power, sebuah kursus online untuk membentuk mindset dan mental positif yang bisa diikuti oleh siapapun yang ingin mengembangkan kualitas diri seperti Anda.

Setelah Anda daftar kursus Mind Power ini, Anda mendapatkan Ebook Utama, Audio Utama, Audio Programming, dan Bonus-Bonus bermanfaat lainnya, termasuk di dalamnya Audio Terapi Bersyukur ini.

Kursus ini dikelola oleh Kang Rahmat, salah seorang motivator Islami yang mengelola beberapa kursus online bertemakan motivasi dan pengembangan diri seperti Rahasia Percaya Diri, Kursus Kreatifitas, Revolusi Waktu dan juga Beautiful Mind Power ini.

Untuk info lengkap dan info daftar kursus menarik ini, bisa Anda akses di https://lutfihamid.com/mind-power

Kesimpulan

Dengan menyadari bahwa banyak nikmat yang kita dapatkan setiap saat, akan memunculkan rasa berterimakasih atau rasa bersyukur dari dalam diri kita.

Hanya saja untuk menyadari perlu cara tersendiri yang mana cara tersebut bisa Anda baca kembali tulisan ini dari atas hehe.

Baik, sobat. Jika dirasa tulisan ini bermanfaat, Anda boleh share ke teman-teman Anda dengan menekan tombol share medsos di bawah atau disamping.
Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =