[Panduan Lengkap] 12+ Cara Dahsyat Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Kacau

Cara menenangkan hati dan pikiran

Sebelum membaca artikel cara menenangkan hati dan pikiran ini sampai selesai, anda boleh sediakan kopi terlebih dahulu, karena tulisan kali ini sangat panjang bahkan hingga lebih dari 2800 kata. Anda juga bisa share ke akun sosmed anda agar alamat web artikel ini tidak hilang jika anda belum selesai membacanya ๐Ÿ˜‰

Sobat …

Tak selamanya hati dan pikiran kita tenang dan tentram, dan juga tak akan selalu kacau dan galau. Terkadang tenang dan terkadang juga galau dan gelisah. Begitulah hidup, kadang di atas kadang juga dibawah.

Hanya saja, yang menjadi masalah adalah saat kita kelamaan ada di kondisi kacau dan galau, hingga akhirnya jiwa kita menjadi semakin terpuruk dan tidak tahu harus bagaimana lagi.

Karena itu, dibutuhkan kemampuan untuk menenangkan hati dan pikiran yang kacau agar kita tidak selalu menderita dalam kondisi jiwa yang selalu merana.

Di artikel kali ini, saya mencoba share tips panduan membuat pikiran dan hati menjadi tenang dan tentram, semoga bisa bermanfaat, aamiin yaa Rabb.

Di tulisan ini, saya membagi menjadi 5 bagian dan tiap bagian ada beberapa poin, anda bisa mempraktikkan satu per satu yang bisa anda lakukan, dan anda juga bisa mempraktikkan semuanya suka-suka anda, yang penting anda bisa membuat pikiran anda tenang ๐Ÿ˜‰

Bagian pertama merupakan cara yang instan, bagian yang kedua lebih pada pendekatan spritual, bagian ketiga merupakan cara yang agak sedikit aneh tapi insyaa Allah ampuh, bagian keempat merupakan kumpulan doa, dan bagian yang terakhir merupakan cara berbasis terapi.

Dan dari semua bagian ini, insyaa Allah sangat mudah untuk dipraktikkan karena hampir semuanya sering kita lakukan sehari-hari, kecuali mungkin yang berbasis terapi yang membutuhkan pembalajaran lebih lanjut.

Yukk, kita bahas satu persatu ๐Ÿ˜‰

4 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Kacau

Untuk poin pertama ini bisa dikatakan sebagai tips yang instan, artinya pada saat anda mempraktikan satu trik saja, pikiran dan hati anda yang kacau bisa langsung lenyap dan tak lagi anda ingat.

Akan tetapi, kelemahannya setelah anda selesai melakukan tips ini biasanya kekacauan itu bisa datang kembali, dan anda perlu mempraktekkannya kembali untuk menenangkan pikiran anda

Meski begitu, terkadang dengan melakukan tips di bagian pertama ini saja, kegalauan yang kita rasakan bisa benar-benar lenyap tanpa bekas. ๐Ÿ˜‰

Silahkan pilih tips-tips yang paling anda suka, atau bisa juga anda pilih semuanya ๐Ÿ˜€

1. Menonton Video Komedi di Youtube

Salah satu hal yang paling sering saya lakukan saat hati dan pikiran saya sedang kacau, galau dan gelisah adalah membuka youtube dan mencari film komedi yang bisa bikin saya tertawa terbahak-bahak sehingga saya bisa lupa bahwa hati dan pikiran saya ini sedang merana.

Ada tiga tayangan yang biasa saya tonton untuk membuat saya terhibur dan melupakan apa yang membuat pikiran ini gelisah, yaitu warkop DKI, Mr. Bean, dan aksi konyolnya pak Bolot ๐Ÿ˜€

Anda tidak harus meniru saya, silahkan pilih tontonan yang bisa bikin anda terhibur dan bisa menenangkan hati anda yang sedang galau dan kacau.

Selain tiga tayangan yang saya sebutkan di atas, dulu biasaya saya juga seneng nonton aksi konyol tom and jerry, karena selain menghibur, tayangan tersebut juga bisa bikin pikiran menjadi kreatif.

2. Membaca Buku

Selain nonton komedi, saya juga biasanya membaca buku untuk membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Hanya saja tidak sembarang buku yang saya baca.

Untuk buku filsafat dan pemikiran, biasanya tidak saya baca jika pikiran sedang galau, bukannya bikin hati dan pikiran menjadi tenang, tapi malah tambah kacau, karena masih butuh energi lagi untuk memahami buku-buku tersebut.

Biasanya, saya membaca buku ringan seperti buku motivasi dan pengembangan diri, bahkan terkadang saya juga membaca buku komedi sebagai selingan.

Jadi jika hati anda sedang gelisah, coba pilihlah buku-buku ringan yang bisa menenangkan hati dan pikiran anda, jangan sampai salah pilih buku yaa ๐Ÿ˜‰

Ada beberapa artikel yang pernah saya tulis terkait baca buku, anda boleh membacanya ๐Ÿ˜‰ di antaranya:

3. Mendengarkan Musik

Poin ini juga menjadi favorit saya ketika pikiran dan hati sedang kacau dan gelisah, yaitu mendengarkan musik.

Akan tetapi, lagi-lagi seperti poin sebelumnya tentang baca buku, bahwa tidak semua buku bisa bikin hati kita tenang, karena ada juga yang malah bikin pikiran menjadi tambah ruwet.

Pun begitu dengan musik, tidak semua musik bikin kita menjadi senang dan tenang, karena tidak sedikit juga lagu yang malah bikin ingat mantan #eh ๐Ÿ˜€

Karena itu, pilihlah musik yang benar-benar bikin hati kita menjadi tentram.

Dulu, saya suka banget mendengarkan lagu-lagu sedih hingga ikutan sedih juga, hingga akhirnya saya menyadari kalau itu tidak baik untuk hati dan pikiran saya, akhirnya saya jarang bahkan tidak mendengarkannya lagi, kecuali memang benar-benar ingin mendengarkannya ๐Ÿ˜€

Sekarang, saya lebih sering mendengarkan musik santai, seperti alunan suling yang disertai gemericik air, kadang alunan seruling diseritai kicauan burung, benar-benar bikin pikiran menjadi terbang dan tenang. ๐Ÿ˜‰

Jika ingin meniru saya, Anda bisa mencarinya di google ataupun youtube, banyak kok tersedia di sana.

Saya jadi teringat dengan pertanyaan Robin Sharma di salah satu bukunya, โ€œApa musik yang membuat anda ingin menari?โ€

4. Jalan Kaki

Untuk poin 4 ini sudah jarang saya lakukan, tidak seperti dulu ketika di kampus ataupun di sekolah menengah yang memang setiap hari jalan kaki.

Jalan kaki memang kelihatannya bikin tubuh menjadi lelah, tapi jika dilakukan dengan cara yang benar, malah bikin hati dan pikiran kita menjadi positif dan kreatif.

Jika sehari-hari anda biasa mengendarai sepeda motor ataupun mobil, maka cobalah sesekali berjalan kaki, dan rasakan perubahan yang terjadi pada diri anda, kecuali memang jaraknya sangat jauh ๐Ÿ˜€

Jika sehari-hari anda memang sudah biasa jalan kaki, maka cobalah untuk melintasi rute yang berbeda dari biasanya. Jika kemaren melewati jalur selatan, maka cobalah untuk lewat jalur barat, utara ataupun jalur tengah.

Meski jarak tempuh lebih jauh dari biasanya, tapi anda akan merasakan sesuatu yang berbeda dan tentunya lebih positif dari sebelumnya.

Cara ini sering saya lakukan kemaren ketika masih di kampus, bahkan terkadang saya melewati jalan kecil di setiap perumahan penduduk di sekitar kampus hanya untuk merasakan suasana yang berbeda.

Untuk jalan kaki ini juga bisa diganti dengan olahraga lari pagi, karena selain menyehatkan tubuh juga membuat pikiran menjadi fresh.

Dan jika anda sudah biasa olahraga lari pagi, maka cobalah untuk melewati yang jalur yang berbeda seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

3 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Gelisah Dalam Islam

Jika poin sebelumnya merupakan cara cepat menenangkan hati, dan terkadang setelah dilakukan malah bikin kacau lagi, maka cara ini bisa lebih awet jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Seperti yang sering saya katakan di berbagai artikel yang saya tulis di blog ini bahwa pendekatan spritual sangat dibutuhkan dalam setiap kehidupan kita untuk meraih apapun yang kita inginkan.

Hanya saja, di tulisan ini saya secara khusus mengulas cara menenangkan pikiran dalam syariat Islam. Dan untuk teman-teman yang beragama kristen, katolik, hindu dan agama lainnya, silahkan sesuaikan dengan tuntunan agama masing-masing, karena saya sendiri tidak menguasai hal tersebut.

Setidaknya ada 3 hal yang perlu kita lakukan untuk menenang hati dan pikiran yang sedang gelisah dalam Islam, sebagai berikut:

1. Dzikir

Dzikir dengan kata lain adalah mengingat Allah (Tuhan kita semua), biasanya dilakukan dengan istilah wiridan dengan membaca berbagai kalimat baik (thayyibah) seperti subhanallah, alhamdulillah, dan lain-lain.

Dilantunkan berulang-ulang, dan biasanya dilakukan setelah shalat, dan ada juga yang melakukannya setiap saat.

Banyak yang tahu bahwa berdzikir  merupakan pekerjaan baik dan mendapatkan pahala, akan tetapi sedikit yang tahu bahwa berdzikir juga bisa menenangkan pikiran dan hati yang gelisah dan merana ๐Ÿ˜‰

Di surat Al-Raโ€™du ayat 28 disebutkan, โ€œ(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentramโ€

Berikut ayat di atas dalam bahasa arabnya

[Panduan Lengkap] 12+ Cara Dahsyat Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Kacau

Masihkah nggak mau berdzikir untuk membuat hati ini menjadi tenang dan tentram? ๐Ÿ˜‰

2. Sholat

Poin ini juga tidak kalah penting, selain memang ada yang wajib, dan tidak sedikit juga yang sunnah.

Seperti juga dzikir, banyak yang tahu bahwa shalat hanyalah sekedar kewajiban yang jika dilakukan akan mendapatkan pahala, dan hanya sedikit yang tahu bahwa ada banyak manfaat nyata yang bisa kita rasakan setelah mendirikan sholat.

Salah satu manfaat shalat yang luar biasa adalah bisa membuat hati kita menjadi tentram, bahkan ada salah satu keterangan bahwa jika setelah shalat hati kita belum tentram juga, maka ada yang salah dengan shalat kita, entah yang kurang khusuโ€™ dan lain-lain.

Itu artinya, jika shalat yang kita kerjakan dilakukan dengan benar maka insyaa Allah hati dan pikiran kita akan menjadi tentram dan damai.

Selain shalat fardlu yang memang wajib kita laksanakan, shalat sunnah juga perlu kita dirikan jika ingin hati dan pikiran kita menjadi lebih tenang.

Misal, shalat taubah adalah shalat permohonan ampun kepada Tuhan, siapa tau hati kita tidak tenang karena masih ada dosa yang pernah kita lakukan di masa lalu dan belum diampuni oleh Allah.

Atau shalat hajat yaitu shalat permohonan agar tujuan kita tercapai, siapa tau pikiran kita tidak tentram karena masih ada goal kita belum tercapai.

Dan berbagai sholat sunnah lainnya.

3. Berdoa

Poin ini menurut saya sudah banyak yang tahu, bahkan mungkin hampir semua umat muslim mengetahuinya, hanya saja masih banyak yang mengabaikan kedahsyatannya.

Padahal kita tahu bahwa doa adalah senjata umat muslim, dan kita juga mengetahui bahwa jika kita berdoa maka Allah akan mengabulkannya.

Ketika hati kita tidak tenang, ketika pikiran kita kacau, galau dan gelisah, kenapa kita tidak berdoa saja agar Allah menenangkan hati kita, agar Allah membuat pikiran kita menjadi tenang kembali.

Bukankah dalam kitab suci Alquran juga disebutkan bahwa kita diperintah untuk berdoa dan pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Ada banyak keterangan tentang waktu doa yang mustajabah alias dikabulkan oleh Allah, di antaranya; ketika sujud terakhir dalam shalat, setelah shalat, ketika sepertiga malam alias waktu tahajjud, dan berbagai waktu lainnya.

4 Cara Mengatasi dan Menghilangkan Hati dan Pikiran yang Kacau

Jika dua pembahasan sebelumnya berbicara tentang menenangkan hati dan pikiran baik yang instan ataupun yang secara spritual, maka di pembahasan ini saya mencoba membahas bagaimana mengatasi dan menghilangkan rasa kacau, galau dan gelisah yang ada di hati dan pikiran kita dengan cara yang agak aneh tapi insyaa Allah ampuh.

Saran saya, anda praktekkan dulu langkah-langkah di atas sebelum mempraktekkan ini, karena langkah ini juga butuh ketenangan ๐Ÿ˜€

1. Diam Sejenak

Jika pikiran dan hati kita sedang merana, kacau, galau dan gelisah, cobalah untuk diam sejenak, cobalah untuk membiarkannya dan tak lagi menfokuskan diri pada hati dan pikiran yang sedang kacau tersebut.

Yess, hati kita menjadi semakin tambah kacau dan galau, karena kita selalu menfokuskan diri dan energi kita pada kekacauan dan kegalauan tersebut.

Kegalauan dan kekacauan tersebut menjadi semakin menjadi-jadi ketika kita memberikan perhatian lebih dan terus fokus kesana.

Karena itu, cobalah untuk diam sejenak, cobalah untuk tidak menfokuskan diri pada kekacauan tersebut, dan cobalah untuk tersenyum ๐Ÿ˜‰

2. Mencari Penyebab

Dan jika poin a yaitu diam sejenak tanpa perlu memfokuskan diri pada kekacauan dan kegalauan diri kita dilakukan, biasanya kita menjadi sedikit lebih tenang.

Langkah selanjutnya, adalah dengan mencari penyebab kenapa hati dan pikiran kita menjadi kacau, galau dan gelisah.

Jika kita sudah tidak fokus lagi pada kecauan dalam hati kita, maka biasanya kita lebih mudah mencari penyebab kenapa hati kita menjadi kacau dan galau.

Karena itu, penting sekali untuk mempraktekkan poin a terlebih dahulu sebelum langkah ini.

Jika poin a sudah berhasil, maka cobalah langkah ini, carilah penyebab-penyebabnya, mungkin bukan hanya satu, mungkinjuga bisa lebih, carilah dan terus mencari!

3. Menuliskan di Kertas

Jika poin b sudah ketemu alias  sudah menemukan sebab-sebab kenapa pikiran anda menjadi kacau balau, maka langkah selanjutnya adalah dengan menulis masalah yang anda alami + dengan penyebabnya di selembar kertas.

Contoh: Hati dan pikiran saya sangat kacau dan galau karena belum bisa move on dari mantan ๐Ÿ˜€

Cobalah tulis sejelas-jelasnya, selengkap-lengkapnya!

Poin terpenting saat menulis ini adalah niat, saat anda menulis masalah dan penyebabnya di sebuah kertas, cobalah berniat untuk memindahkan kekacauan dan kegalauan pikiran kita ke kertas tersebut.

Cara ini memang aneh dan sederhana, tapi insyaa Allah dahsyat, cobalah saat menulis sambil meniatkan untuk memindah masalahmu dari diri anda ke kertas yang anda pegang.

Biasanya, setelah anda menulis di kertas tersebut, pikiran dan hati menjadi lebih tenang dan lega dan terkadang benar-benar plong, tapi ini masih belum cukup. Untuk menuntaskannya, kita lanjut ke tips selanjutnya ๐Ÿ˜‰

4. Menghancurkan Dengan Niat

Nah, setelah masalah yang membuat kacau ditulis di sebuah kertas dan meniatkan memindah masalah tersebut ke kertas, langkah selanjutnya adalah …

Menghancurkan kertas tersebut dengan cara apapun yang anda suka, entah dengan merobek-robeknya hingga menjadi serpihan kecil, membakarnya hingga menjadi debu hitam, atau membuangnya ke laut lepas hingga mungkin kertas tersebut ditelan hiu di tengah laut sana.

Tapi yang pasti saat anda melakukan penghancuran tersebut juga disertai dengan niat bahwa anda juga menghancurkan masalah yang membuat hati dan pikiran anda menjadi kacau dan selalu gelisah.

Biasanya, dengan cara seperti itu hati kita menjadi lebih tenang dan bahkan jika pikiran dan hati anda menjadi tenang, bukan tidak mungkin anda juga akan menemukan solusi untuk mengatasi masalah yang bikin kacau tersebut, sehingga ketenangan hati dan pikiran anda menjadi lebih awet, karena sumber masalahnya sudah bisa diatasi.

Doa Untuk Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau

Di poin sebelumnya, sudah saya bahas bahwa salah satu cara menenangkan hati dan pikiran adalah dengan berdoa (memohon kepada Allah, Tuhan kita semua).

Nah, di poin ini saya mencoba share doa-doa untuk menenangkan hati yang gelisah yang diajarkan oleh Rasulullah maupun para Ulama.

Ada beberapa doa yang saya share pada tulisan kali ini, sebagai berikut:

Doa pertama

[Panduan Lengkap] 12+ Cara Dahsyat Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Kacau

Latinnya: Allahumma inni as aluka nafsan bika muthma-innatan, tuโ€™minu biliqoo-ika watardloo bi qodlooika wataqnaโ€™u biโ€™athooika

Artinya: Yaa Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridla dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.

Doa kedua

[Panduan Lengkap] 12+ Cara Dahsyat Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Kacau

Latinnya: Allohumma innii aโ€™uudzubika minal hammi wal hazani, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wa dlalaโ€™iddaini, wa ghalabatirrijali

Artinya: Yaa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan, dari rasa lemah dan malas, dari sifat bakhil dan penakut, dan dari lilitan hutang serta tekanan orang (jahat).

Terapi Menenangkan Pikiran dan Hati yang Galau

โ€œAda banyak jalan menuju Maduraโ€, begitu katanya ๐Ÿ˜€ pun begitu dengan masalah yang menghampiri kita, ada banyak cara untuk mengatasinya, termasuk pikiran dan hati yang tidak tenang dan kacau.

Salah satu cara yang juga ampuh untuk mengatasi hati dan pikiran yang kacau dan galau adalah dengan terapi.

Berbincang tentang terapi, ada banyak sekali macam terapi yang sudah tersebar di negeri kita tercinta, mulai dari hypnoteraphy, Terapi berbasis NLP, terapi aura, dan berbagai jenis terapi lainnya.

Akan tetapi, kali ini saya hanya mencoba share dua terapi yang sering saya lakukan bahkan hingga saat saya menulis artikel ini saya masih melakukannya.

Yukk kita bahas satu per satu ๐Ÿ˜‰

1. Audio Relaksasi

Audio relaksasi adalah audio yang biasanya diputar oleh praktisi hypnosis dan hypnnotherapi di pelatihan atau seminar yang diadakan, disertai dengan sugesti yang melenakan pikiran.

Selain itu, ada beberapa praktisi hypnotherapi ataupun motivator yang merekam audio relaksasinya dan dibagikan via internet atau dijual dalam bentuk CD atau via download.

Dengan mendengarkan audio relaksasi, maka kita dipandu oleh pemilik audio tersebut untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sehingga tubuh dan pikiran kita menjadi begitu tenang dan sangat tenang.

Anda bisa mencari audio relaksasi di internet, hanya saja anda perlu hati-hati, anda kudu mendownload audio relaksasi yang dibuat oleh yang benar-benar praktisi, bukan oleh sembarang orang, karena jika anda salah mendengarkan audio relaksasi ataupun audio terapi, maka pemorograman pikiran bawah sadar bisa menjadi kacau.

Ada dua audio relaksasi yang sering saya dengarkan hingga saat ini, pertama: audionya alm. pak Yan Nurindra, anda bisa mencarinya di google. Kedua, audio relaksasinya Kang Rahmat, Motivator Islami.

Untuk audio relaksasi dari Kang Rahmat ini tidak bisa anda dapatkan secara gratis, artinya anda harus membayar biaya investasi untuk mendapatkannya. Audio ini dibundle dengan paket kursus online jarak jauh yaitu Beautiful Mind Power atau Kekuatan Berpikir Indah.

Beautiful Mind Power adalah paket kursus yang akan mengajarkan anda bagaimana membentuk mental dan pikiran yang positif, terdiri dari satu Ebook Utama, Beberapa Ebook Bonus dan Puluhan Audio Programming dan audio Motivasi.

Untuk info lebih lengkap tentang Beautiful Mind Power ini, bisa anda baca di artikel berikut => Cara Berpikir Positif

2. Emotional Freedom Technique (EFT)

Emotional Freedom Technique atau lebih dikenal dengan EFT ini adalah salah satu teknik terapi berbasis energi yang ditemukan oleh Gary Craig.

Prinsip dasar dari teknik terapi ini adalah bahwa semua masalah emosi yang kita alami disebabkan adanya kekacauan energi dalam tubuh kita, dan EFT ini ada untuk membereskan kekacauan tersebut.

Di Indonesia sendiri, EFT dikenal dengan tambahan S di depannya menjadi Spritual Emotional Freedom Technigue (SEFT) yang dipelopori oleh pak Ahmad Faiz Zainuddin.

Saya sendiri sering menggunakan teknik terapi EFT ini karena kemudahan dan kesederhanaannya, setiap kali ada masalah yang menghampiri saya termasuk kegalauan hati dan kekacauan pikiran, saya sering menggunakan teknik terapi berbasis energi ini.

Bagi saya, mempelajari EFT ini begitu mudah, karena memang cara-cara dan langkah-langkah yang perlu dilakukan sangat sederhana.

Meskipun ada juga yang kelihatan rumit yang mungkin hanya bisa dipelajari di pelatihan, tapi mempraktikkan langkah-langkah yang simple sudah cukup bagi saya jika hanya ingin digunakan untuk diri sendiri ataupun keluarga.

Jika anda ingin mempelajari teknik terapi EFT ini, anda bisa mengikuti pelatihan yang sering diadakan oleh pak Faiz ataupun trainer lain jika ingin memahami yang lebih komplit

Namun jika hanya ingin memahami yang simple, belajar via youtube-pun menurut saya sudah cukup, meski sebagai pembelajar sejati kita butuh ilmu dan pengalaman yang lebih matang dengan mengikuti pelatihan lanjutan.

Dan Jika anda lebih suka belajar lewat online + bisa konsultasi, anda bisa belajar langsung ke praktisinya lewat kursus online jarak jauh dengan biaya investasi yang sangat terjangkau. Info lengkap bisa anda baca disini https://lutfihamid.com/belajar-seft

Sobat, Jangan biarkan hati dan pikiran anda dalam pusaran kekacauan, saya sudah menyajikan langkah-langkah cara menenangkan hati dan pikiran yang kacau di artikel ini dengan begitu panjangnya seperti yang sudah pernah saya lakukan, anda juga bisa mempraktekkan tips-tips tersebut satu demi satu. Semoga bisa membuat pikiran dan hati menjadi tenang, Aamiin yaa Rabb!

Boleh dishare jika bermanfaat ๐Ÿ˜‰

Leave a Comment

1 × 3 =

× Chat Me via WhatsApp