[Panduan Lengkap] 15+ Cara Dahsyat Mengalahkan Pesaing Yang Sering Diabaikan

Cara mengalahkan pesaing

Saat ini, saat anda memutuskan untuk membaca artikel ini sampai selesai saya ingin bertanya kepada anda, apakah dalam menjalani hidup, anda mempunyai saingan? Dan apakah anda ingin tahu cara mengalahkan pesaing anda dengan mudah?

Di artikel ini saya mencoba mengulas bagaimana cara anda bersaing dengan pesaing anda, bagaimana anda bisa mengalahkan mereka dan membuat anda menjadi juara tanpa membuat pesaing anda sakit hati.

Yess, persaingan yang saya bahas disini adalah persaingan yang positif, tanpa cara yang curang, dan tidak terpuji yang semua itu malah bikin hidup menjadi tidak tenang, jadi jika anda ingin bersaing dengan tidak sehat, maka tulisan ini bukan untuk anda πŸ˜‰

Ada beberapa bagian pembahasan yang saya ulas disini, mulai dari cara yang umum hingga cara yang khusus seperti cara mengalahkan pesaing bisnis yang usahanya sama dengan anda, atau mengalahkan pesaing orang pintar dan pandai di sekolah.

Anda bisa cek di daftar isi artikel untuk mengetahui sekilas apa yang dibahas di tulisan kali ini, anda juga bisa share link website ini ke teman-teman anda dengan menekan tombol share di bawah jika dirasa bermanfaat πŸ˜‰

Jika anda tidak menemukan tips yang anda cari, anda bisa bertanya di kolom komentar, semoga saya bisa menjawabnya dan menyempurnakan tulisan ini.

Yukk kita nikmati tulisan ini dengan lahap πŸ˜‰

Baca juga => Cara Ampuh Menenangkan Hati dan Pikiran



7 Cara Mengalahkan Pesaing Anda dan Memenangkan Persaingan

Yess, ada lima langkah untuk mengalahkan pesaing Anda seperti apapun jenis pekerjaan yang Anda perjuangkan, entah itu karir, bisnis, dagang, atau yang lainnya.

Karena sebenarnya, 7 langkah ini merupakan langkah dasar untuk menjadi juara dan memenangkan persaingan di lingkungan Anda.

Bagaimana tujuh langkah tersebut?

Yukk disimak satu persatu ^_^

1. Kenali Pesaing Anda

Langkah pertama adalah dengan mengenali siapa pesaing kita. Kenapa ini penting? Yaaa kalau tidak kenal bagaimana bisa mengalahkan hehe

Tapi bukan hanya sekedar kenal, sobat. Melainkan lebih ke bagaimana anda bisa mengenali kehidupannya, mengenali cara hidupnya, cara berpikirnya, cara dia berinteraksi dengan orang lain, dan semua hal tentang pesaing anda.

Kenapa? Karena banyak studi menyebutkan bahwa kesuksesan seseorang banyak dipengaruhi oleh bagaimana cara dia hidup, cara dia berpikir, dan semua hal tentang kepribadian orang tersebut.

Yuuk kita lanjut ke langkah kedua.

2. Pelajari Kelebihan Pesaing Anda

Nah, setelah anda mengenali lebih dalam pesaing anda, kini anda perlu mempelajari kelebihan pesaing Anda.

Untuk apa? Untuk mengukur apa saja sih yang belum anda miliki dan telah dimiliki oleh pesaing anda, sehingga anda bisa mengukur apa saja skill yang anda butuhkan untuk menyamai bahkan melebihi pesaing Anda.

3. Pelajari Kelemahan Pesaing Anda

Setelah anda mempelajari kelebihan pesaing anda, kini saatnya Anda mempelajari kelemahan pesaing anda. Kenapa?

Karena dengan mempelajari kelemahan pesaing anda, anda bisa melakukan apa yang masih belum bisa dilakukan oleh pesaing anda. Sehingga Anda bisa mengungguli mereka.

Baca juga => Cara Jitu Menghilangkan Rasa Malas

4. Perbaiki Langkah Anda

Tiga langkah di atas, kita fokus pada apapun tentang pesaing kita. Nah di poin ke empat dan selanjutnya kita fokus pada diri kita, pada nilai kita, dan pada apapun tentang kita, specially tentang anda πŸ™‚

Setelah anda mempelajari semua tentang pesain anda, kini saatnya mempelajari tentang Anda, apa yang tidak dilakukan oleh pesaing anda, lakukanlah!

Apa yang menjadi kelemahan pesaing anda, dan ternyata juga anda lakukan, tinggalkanlah.

Langkah-langkah anda yang salah, perbaikilah! Lakukan apa yang perlu anda lakukan!

5. Tingkatkan Kelebihan Anda

Apa yang menjadi kelebihan Anda dan tidak dimiliki oleh kompetitor? Asah, Tingkatkan dan terus perbaiki hingga menjadi dahsyat luar biasa.

Karena hanya dengan mengasah dan meningkatkan kelebihan, anda akan menjadi lebih menonjol dibanding mereka.

Pelajari juga bagaimana cara mengasah dan meningkatkan kelebihan anda.

Cari orang yang pernah sukses di bidang yang seperti kelebihan anda, belajarlah dari mereka.

6. Evaluasi & Terus Perbaiki

Masih belum berhasil? Mungkin ada yang kurang, coba evaluasi, teliti lagi lebih dalam, jangan-jangan ada langkah yang salah, jangan-jangan ada keputusan yang keliru.

Terus evaluasi dan teliti sedikit demi sedikit hingga benar-benar ketemu permasalahannya.

Dan jika sudah ketemu, perbaiki dan terus perbaiki hingga berhasil.

7. Berdoalah

Langkah yang ketujuh adalah dengan memohon pertolongan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Karena dengan memohon pertolongan kepada-Nya, maka langkah kita menjadi lebih mudah dan kita menjadi lebih sabar menghadapi semuanya.

Begini 4 Cara Mengalahkan Orang Pintar di Kelas

Jika saat ini anda masih ada di dunia belajar alias masih sekolah ataupun kuliah, tentu keberadaan orang yang lebih pintar akan membuat kita tersisihkan jika anda juga ingin jadi yang terbaik dan jadi juara.

Sebenarnya, menggunakan cara mengalahkan pesaing yang saya jelaskan di atas itu sudah luar biasa hasilnya jika dipraktekkan dengan benar.

Hanya saja, ada beberapa pola pikir dan tips khusus yang perlu ada lakukan saat ingin bersaing dengan teman anda yang lebih hebat di sekolah anda, sebagai berikut

  • Para Juara Di Kelasmu Tidak Hebat Dalam Segala Hal
  • Pilihlah Bidang Yang Temanmu Tidak Menguasainya
  • Latihlah bidang yang anda pilih dengan maksimal
  • Jika Bidang Yang Dipilih Harus Sama Dengan Teman Anda

Yukk kita ulas satu per satu dengan santai πŸ˜‰

a. Para Juara Di Kelasmu Tidak Hebat Dalam Segala Hal

Hal pertama yang harus kita sadari betul adalah mereka yang dikenal hebat dan pintar di kelas, tentu tidak menguasai semua bidang.

Sekarang, coba anda perhatikan baik-baik! Apakah teman anda yang pintar itu bisa menguasai segala bidang mata pelajaran?

Jika nilainya tinggi di semua mata pelajaran mungkin iyaa, tapi dia tidak master di segala bidang, dan yang sering terjadi adalah dia menguasai hanya di satu atau dua mata pelajaran saja.

Pun begitu jika teman kita mempunyai skill yang hebat di bidang olah raga misalnya, tentu dia tidak hebat dan master di semua bidang oleh raga, hanya ada satu cabang olah raga yang benar-benar dia kuasai, betul? πŸ˜‰

b. Pilihlah Bidang Yang Temanmu Tidak Menguasainya

Jika anda sudah menyadari bahwa teman anda yang katanya pintar tapi tidak pintar di segala bidang, tentu anda juga mengetahui di bidang mana saja teman anda itu menguasainya.

Dan juga bidang mana saja teman anda tidak menguasainya.

Setelah itu, anda tinggal pilih bidang-bidang yang tidak dikuasai atau tidak begitu difokuskan oleh teman anda.

Dengan begitu, anda bisa menjadi juara tanpa perlu kesulitan menyamai temanmu yang memang berbeda bidang dengan bidang yang anda tekuni.

c. Latihlah bidang yang anda pilih dengan maksimal

Setelah anda memilih bidang terbaik menurut anda dan tidak dikuasai oleh teman anda, maka langkah selanjutnya adalah …

Latihlah bidang yang anda pilih dengan maksimal! Jika itu mata pelajaran, pelajarilah materi tersebut secara maksimal.

Carilah guru ataupun pelatih yang bisa membuat bidang yang anda pilih bisa anda kuasai dengan baik.

Bacalah buku-buku yang sesuai dengan bidang yang anda pilih, tontonlah video yang menjelaskan bagaimana anda bisa mengembangkan bidang tersebut.

d. Jika Bidang Yang Dipilih Harus Sama Dengan Teman Anda

Bagaimana jika bidang yang kita pilih harus sama dengan teman kita pintar? Misal karena bidang yg lain tidak sesuai dengan minat kita, dan bidang dari saingan kita sesuai dengan minat kita.

Jawabannya adalah kita harus melatih bidang yang kita pilih dengan maksimal dan juga dengan cara yang berbeda.

Maksudnya cara yang berbeda?

Iya, karena jika cara yang anda dan teman anda lakukan sama, buku yang anda baca sama dengan teman anda, dan pelatih yang melatih anda sama dengan teman anda

Maka, kemungkinan besar hasilnya juga tak jauh berbeda.

Karena itu, bacalah buku yang berbeda, tontonlah video yang berbeda, dan kalau bisa, carilah pelatih yang berbeda, agar hasilnya juga berbeda dengan harapan tentunya anda menjadi lebih baik lagi.

Dan juga, praktikkan cara mengalahkan pesaing di bagian pertama untuk mendapatkan hasil lebih baik, insyaa Allah.

5 Tips Cara Mengalahkan Pesaing Bisnis dan Dagang

Banyak yang mencari dan bertanya bagaimana cara mengalahkan pesaing bisnis atau usaha yang usahanya sama dengan kita.

Karena jika tidak sama maka itu bukan saingan namanya πŸ˜€

Ada banyak cara jika anda mau mempelajarinya + juga mempraktikkannya, karena jika hanya baca tanpa dipraktekkan maka sama saja dengan sia-sia.

Nah di tulisan ini, saya mencoba mengulas 5 cara mengalahkan pesaing bisnis atau jualan anda dengan cara yang mudah dipraktekkan.

1. 3 Area Persaingan Yang Jarang Disadari

Saat ada pesaing usaha yang menyaingi jualan kita, maka untuk tetap mendapatkan pembeli, biasanya yang muncul di pikiran kita adalah menurunkan harga menjadi lebih murah dari pesaing, betul? πŸ˜€

Padahal, yang bisa kita lakukan untuk memenangkan persaingan bisnis bukan hanya nurunin harga saja, setidaknya ada 3 arena persaingan yang bisa kita lakukan agar tetap dipilih oleh customer kita.

Pertama, Harga Produk, hampir semua penjual menggunakan cara ini untuk menarik perhatian calon pembeli, hampir selalu berhasil, meski yang bisa digaet hanyalah pembeli yang suka harga murah. Dan tidak semua pembeli suka dengan harga murah πŸ˜€

Kedua, Kualitas Produk, selain harga, kualitas produk juga bisa menjadi cara untuk memenangkan persaingan dalam jualan, anda bisa menjual produk dengan harga yang sama tapi dengan kualitas yang lebih baik

Atau bahkan menjual produk dengan harga yang jauh lebih mahal dan tentu dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Biasanya, jika kualitas produk yang anda jual sangat tinggi, maka pembeli yang berdatangan juga yang suka produk dengan harga tinggi, karena mereka menyadari bahwa harga berbanding dengan kualitas.

Ketiga, Kualitas Pelayanan, selain dua hal di atas kualitas pelayanan juga menjadi hal terpenting dalam persaingan dagang.

Coba anda bayangkan jika anda membeli dari penjual yang pemarah, tentu tidak menyenangkan, bukan?

Dan masih banyak lagi pelayanan-pelayanan yang bisa anda garap, seperti garansi kepuasan, gratis diantar ke rumah dan banyak hal lainnya.

2. Masuki Area Yang Belum Digarap Pesaing

Setelah anda tahu 3 area persaingan di poin sebelumnya, kini anda bisa memilih area yang belum dilakukan oleh pesaing anda.

Jika pesaing anda main di harga, anda bisa main di kualitas atau di service.

Kemaren, saya jadi reseller salah satu produk dari salah satu suplier yang harga modalnya saja lebih mahal daripada yang dijual di marketplace, sehingga banyak reseller lain yang komplain.

Bukannya menurunkan harga, si suplier ini malah berkomitmen untuk tidak menurun harga produk, tapi ingin memperbaiki dan menaikkan kualitas dan pelayanannya menjadi jauh lebih baik lagi.

Dan terjadi selanjutnya, banyak reseller dari suplier tersebut yg main di kualitas dan service terbaik closingnya gila-gilaan.

Tapi bagaimana jika pesaing kita main di tiga-tiganya? Kita coba tips selanjutnya

3. Jadilah Yang Terbaik, Jadilah Juara

Di poin sebelumnya dikatakan bahwa kita harus memilih area yang tidak digarap oleh pesaing, tapi terkadang pesaing kita juga melakukan hal yang sama.

Bagaimana jika ternyata pesaing kita menggarap ketiga-tiganya seperti yang saya jelaskan di poin sebelumnya?

Maka, solusinya adalah dengan menjadi juara, jadilah yang lebih baik, dan jadilah yang terbaik.

Produk yang anda jual harus lebih bagus dari pesaing, pelayanan atau service yang anda berikan harus lebih mengesankan dari pesaing, dan harga yang anda tawarkan lebih murah dari pesaing.

Pertanyaannya, bisakah semua itu dilakukan? πŸ˜€

Dengan usaha dan skill yang mumpuni, insyaa Allah semua bisa dilakukan.

Dua poin terakhir adalah skill yang perlu anda miliki agar kita tidak kehabisan cara saat ada masalah dalam hidup kita, termasuk dalam usaha.

4. Belajarlah Lebih Kreatif

Ini adalah skill yang perlu anda kuasa jika ingin memenangkan persaingan apapun, termasuk dalam usaha atau jualan, yaitu menjadi lebih kreatif.

Saat anda bisa berpikir kreatif, maka anda akan selalu menemukan cara dan jalan baru untuk melakukan sesuatu yang berbeda.

Jika anda kurang kreatif, maka ketika ada masalah saat berbisnis atau jualan, maka solusi yang muncul hanya itu-itu saja. Padahal, masalah yang muncul tidak selalu sama dan tentu cara penyelasainya-pun juga harus berbeda.

Karena itu, menjadi lebih kreatif itu sangat penting dalam kehidupan kita, termasuk saat kita berbisnis, berdagang ataupun berjualan.

Saya banyak menulis tentang menjadi kreatif, berpikir kreatif dan cara berpikir kreatif di artikel lain di blog ini, berikut daftarnya:

3 Rahasia Menjadi Pribadi Super Kreatif
Anda Bisa Jenius Seperti Albert Enstein
Ternyata Menghasilkan Ide Kreatif itu Mudah

5. Belajarlah Cara Mengatasi Masalah

Selain skill berpikir kreatif seperti yang saya sebutkan di poin sebelumnya, kemampuan yang juga perlu kita punya adalah skill cara mengatasi masalah.

Meskipun mengatasi masalah juga membutuhkan cara berpikiri kreatif, tapi masih ada cara-cara lain untuk mengeksekusinya..

Karena itu, cara mengatasi masalah sangat penting untuk dipelajari, apalagi saat kita mulai membuka usaha dan mulai muncul saingan.

Rekomendasi Kursus Rahasia Menjadi Juara (The Champion Way)

Jika Anda ingin menjadi juara, ingin memenangkan persaingan entah itu dalam karir, bisnis, organisasi, atau dimanapun anda berada, saya punya rekomendasi special untuk Anda πŸ™‚

β€œThe Champion Way”, merupakan kursus online jarak jauh yang bisa anda pelajari untuk membangun mental juara, menjadi juara dan memenangkan persaingan menggunakan strategi dan metode yang dipakai oleh para juara dunia.

Hanya saja, jika anda tidak suka belajar dan praktek, maka kursus spesial ini bukan untuk anda.

Tapi saya yakin, anda suka sekali belajar dan praktek, buktinya anda membaca artikel ini sampai di kalimat ini πŸ™‚

Jika Anda sudah tidak sabar untuk mengikuti kursus ini, silahkan buka link berikut untuk mendaftar => KLIK DISINI Untuk mendaftar

Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin yaa Rab!

Selamat Mencoba..!!

Lutfi Hamid

Blogger Newbie - Online Marketer + Tukang Cicil Saham dan Reksadana

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

thirteen − five =

× Chat Me via WhatsApp