6+ Contoh Aktivitas Fisik Yang Menyenangkan

Contoh aktifitas fisik

Semenjak pandemi melanda dunia beberapa waktu terakhir ini, banyak orang yang mempunyai hobi baru karena terlalu lamanya berdiam diri di rumah yaitu rebahan, dan merasa malas untuk melakukan aktivitas fisik, padahal aktivitas fisik merupakan suatu aktivitas yang sangat penting untuk kesahatan tubuh kita.

Aktivitas fisik adalah gerakan tubuh yang dapat meningkatkan pengeluaran tenaga dan pembakaran energi. Aktivitas ini dikatakan cukup jika kita melakukan olah raga selama kurang lebih 30 menit setiap hari.

Akan tetapi, aktivitas fisik yang berlebihan dapat menyebab kelelahan yang dapat merusak organ-organ tubuh kita, dan dapat memberikan pengaruh negatif yaitu menghambat atau mengganggu proses fisiologi di dalam tubuh.

Nah, pada tulisan kali ini saya mencoba share beberapa contoh akvifitas fisik yg menyenangkan dan membahagian.

1. Berjalan Kaki

Yang pertama adalah berjalan kaki, baik untuk pergi ke tempat kerja (jika tempat kerjanya dekat dengan rumah) atau hanya sekedar mengelilingi rumah atau kantor ketika lagi ada waktu senggang.

Di rumah saya biasanya bersama anak saya (sedang belajar berjalan) jalan-jalan mengelilingi halaman rumah, bahkan terkadang harus muter-muter musholla mengikuti anak saya yang sedang belajar melangkahkan kakinya setapak demi setapak.

Jika dulu saat masih ngampus, dari kontrakan ke kampus saya selalu jalan kaki tiap pagi, siang dan malam. Dan terkadang meski ditawari untuk naik sepeda sama temen, saya sering memilih untuk jalan kaki saja, lebih sehat dan tentu saja lebih kreatif 😉

Baca juga:  Sstt.. Mengapa Para Artis "Tidak Pernah" Sakit Gigi? Ini Rahasianya

2. Lompat Tali

Salah satu olah raga yang sangat menyenangkan adalah lompat tali. Olah raga ini adalah salah satu olahraga yang sangat saya sukai saat masih kecil, meski saat ini sudah mulai meninggalkannya karena banyak kesibukan.

Banyak sekali alat yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas lompat tali, selain menggunakan alat yang memang sudah biasa dan bisa kamu beli di toko.

Dulu, saya dan teman-teman biasa bermain lompat tali menggunakan karet gelang yang dirakit menjadi sebuah tali yang panjang dan menggemaskan.

3. Berolahraga di Kamar

Aktivitas fisik yang mudah untuk dilakukan berikutnya adalah olahraga di dalam atau di luar kamar.

Jika kamu malas keluar untuk melakukan aktivitas fisik, maka kamu bisa memilih kamarmu atau depan kamarmu untuk beraktivitas.

Apa yang bisa dilakukan? Ada banyak sekali, saya sendiri biasanya lari-lari kecil di depan kamar hingga beberapa kali putaran.

Terkadang saya push up dan loncat loncat hingga mengeluarkan keringat yang menyenangkan 😀

4. Menyapu Lantai Dan Halaman

Aktivitas menyapu juga menjadi aktivitas yang bagus sebagai salah satu bagian dari aktivitas fisik kita.

Meskipun aktivitas ini masih menjadi aktivitas yang saya sendiri tidak begitu menyukainya, karena seperti yang banyak orang katakan bahwa saya suka sekali kebersihan tapi tidak suka bersih-bersih 😀

Nah, jika kamu suka dengan aktivitas menyapu, maka memasukkan aktivitas menjadi salah satu aktivitas harianmu.

Baca juga:  Coba Tebak, Apa Yang Menginspirasi Saya Dari Film '3 Idiots'?

Karena konon katanya, membersihkan halaman dan lantai juga bisa ikut membersihkan hati kita yang diluputi kesedihan dan kemarahan 😉

5. Mencuci Baju, Piring, dan Kendaraan

Baju, piring dan kendaraan merupakan sesuatu yang harus selalu bersih, kecuali kita memakainya sekali dan langsung dibuang 😀

Mencuci baju, piring dan kendaraan memang kelihatan sepele, dan disadari atau tidak, aktivitas ini bisa membuat kita menjadi jauh lebih bugar lagi, meski mungkin di awal kelihatan letih dan capek.

6. Olah Raga Kecil

Jangan remehkan olah raga kecil, karena bisa jadi yang kecil yang sanggup mengubah apa yang biasa menjadi luar biasa, termasuk untuk kesehatan tubuh kita.

Seperti yang dikatakan oleh salah seorang pakar kebiasaan dalam buku bahwa cukup dengan perubahan 1% setiap hari maka hidup kita akan jauh lebih dahsyat.

Olahraga kecil seperti berlari kecil, main tenis meja, bermain dengan hewan peliharaan, bersepeda, bermain music merupakan aktivitas kecil yang jika dilakukan setiap hari maka akan menjadi salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan.

Baik, sobat. Mungkin hanya ini yang bisa saya share pada tulisan kali ini tentang contoh aktivitas fisik, semoga bermanfaat, Aamiin yaa Rabb!

Newbie Blogger, Newbie Teacher and Young Father

Leave a Comment

thirteen + 17 =