Cara Memilih Sanitasi yang Tepat Untuk Haid

Cara Memilih Sanitasi yang Tepat Untuk Haid

Cara Memilih Sanitasi yang Tepat Untuk Haid
credit picture: pulse.ng

Pembahasan mengenai haid memang tidak pernah habis. Banyak wanita menfokuskan informasi pada dismenore atau nyeri haid, obat pereda nyeri, atau bangaimana siklus yang normal.

Padahal ada hal yang sangat dekat namun tidak disadari pentingnya info tersebut, yakni pembalut.

Banyak merek yang mengedepankan tentang bagaimana pembalut / tampon organik hebat tanpa racun dan pemutih klorin, tetapi mereka hampir tidak berbicara tentang bagaimana rasanya menggunakan pembalut / tampon organik dibandingkan dengan pembalut non-organik.

Pertama-tama, memang benar bahwa Miss V kita bagus dalam menyerap apa pun yang kita masukkan ke sana, itulah sebabnya beberapa obat diberikan melalui Miss V. Menimbulkan kekhawatiran tentang apa yang mungkin diserap oleh tubuh dengan menggunakan tampon yang dibuat dengan serat sintetis adalah masuk akal.

Namun, ketika sampai pada bagaimana rasanya menggunakan produk organik dibandingkan dengan menggunakan tampon non-organik, tidak ada banyak perbedaan. Juga tidak ada peluang untuk mendapatkan TSS (Toxic Shock Syndrome).

Mengenai perasaan menggunakan pembalut yang dibuat dengan kapas organik atau serat sintetis, perbedaannya jauh lebih terlihat.

Bernapas. Pembalut organik lebih bernapas dibandingkan dengan yang dibuat dengan serat sintetis.

Pembalut biasa memiliki banyak kandungan plastik dan dapat menyebabkan iritasi kulit dan reaksi alergi.

Sedangkan pembalut organik mengandung inti selulosa penyerap yang mengunci cairan menstruasi agar kamu tetap kering, dan penutup katun organik lembut yang memungkinkan kulit kamu bernapas.

Kenyamanan. Pembalut yang dibuat dengan serat sintetis hanya mengandung sebagian kecil kapas, dan beberapa di antaranya tidak mengandung kapas sama sekali.

Mereka menggunakan kain dengan karakteristik tertentu untuk mensimulasikan tekstur kapas. Tetapi di atas semua itu, mereka tidak alami dan dapat menyebabkan iritasi atau bahkan reaksi alergi.

Seperti yang sering kita sadari, pembalut dari sebagian besar merek umum di pasaran berlubang. Saat anda menyentuh permukaan pembalut, kamu bisa merasakannya sedikit bergelombang dan tidak selembut 100% kapas organik.

Daya serap. Di sinilah hal yang paling sulit tentang perbedaan antara menggunakan pembalut organik dan yang sintetis.

Banyak wanita menemukan basah lebih terasa saat menggunakan pembalut organik dibandingkan dengan yang sintetis. Itu membuat kita berpikir bahwa pembalut itu tidak cukup menyerap. Tapi itu tidak sesederhana itu.

Lalu mengapa basah? Ini karena sifat kapas organik, permukaan 100% kapas organik tidak dapat dilubangi seperti kain sintetis.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, pembalut yang dibuat dengan serat sintetis memiliki permukaan berlubang, yang menyerap sedikit lebih cepat dari pembalut kapas organik.

Jadi meskipun pembalut yang dibuat dengan kapas organik dapat menyerap lebih banyak aliran, beberapa wanita mungkin merasa perlu untuk mengubahnya sedikit lebih dari yang sintetis.

Leave a Comment

three × 3 =

× Chat Me via WhatsApp