Kiat Sederhana Ikut Asuransi Yang Sering Diabaikan

Kiat Sederhana Ikut Asuransi Yang Sering Diabaikan

Jika anda membaca buku tentang financial planning atau financial management, maka anda akan bertemu dengan bahasan tentang asuransi.

Asuransi adalah proteksi terhadap kehidupan kita saat kita mendapatkan suatu problem dalam hidup

Misal, asuransi kesehatan akan begitu berguna saat kita sakit, karena biaya pertanggungan dari perusahaan yang kita ikuti, sehingga kita bisa lebih ringan dalam membayar biaya rumah sakit.

Asuransi jiwa akan sangat begitu berguna saat yang ikut asuransi meninggal dunia, karena keluarga dari nasabah mendapatkan biaya pertanggungan yang bisa meringankan keluarga yang ditinggalkan.

Namun, banyak yang salah memahami asuransi sehingga banyak yang berkomentar negatif terhadap asuransi.

Ada pula yang kurang cermat ketika membeli asuransi, akhirnya ia merasa menjadi korban dari perusahaan asuransi yang ia ikuti.

Karena itu, pada tulisan kali ini saya mencoba share tentang bagaimana kiat sederhana ikut asuransi sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Pahami Dulu Apa itu Asuransi

Seperti yang saya katakan di atas, bahwa banyak yang berkomentar negatif, bahkan kecewa dengan asuransi yang ia ikuti, karena salah satunya ia hanya memahami dari beberapa sudut pandang saja tentang asuransi.

Bahkan lebih parahnya lagi, ada yang memahami bahwa asuransi itu seperti tabungan dan investasi yang membuat duit yang dibayarkan tiap bulan bisa meningkat bahkan berlipat ganda, yang akhirnya jadi kecewa setelah beberapa waktu duitnya malah berkurang ketika ditarik.

Baca juga:  Kata Siapa Tidak Ada Kesempatan Untuk Kedua Kalinya?

Dari beberapa literature yang saya baca, sederhananya asuransi adalah sumbangan bersama atau patungan bersama yang mana duit yang kita setor dikelola oleh perusahaan asuransi dimana jika salah satu dari nasabah mengalami kecelakaan ataupun sakit, maka nasabah tersebut mendapatkan biaya tanggungan.

Apakah dengan ikut asuransi kita berharap sakit ataupun kecelakaan sehingga bisa dapat tanggungan? Yaa nggak juga sih, memangnya siapa yang ingin celaka hehe jika kita sehat terus maka dengan ikut asuransi kita bisa membantu pembiayaan yang lain yang sakit ataupun kecelakaan.

Karena kita tidak pernah tahu kapan kita sakit ataupun celaka, semoga kita selalu diberikan kesehatan, aamiin yaa Rabb!

Memilih Perusahaan Asuransi Yang Terpercaya

Memilih perusahaan asuransi yang terpercaya wajib kita lakukan agar kita merasa aman dengan apa yang kita ikuti.

Jika anda search di media digital, anda akan menemukan banyak keluhan dari para nasabah asuransi yang kecewa dan berbagai masalah lainnya.

Selain karena masalah yang seperti saya bahas di poin pertama, juga karena perusahaan asuransi yang bermasalah.

Karena itu, cari perusahaan asuransi yang kredibilitasnya tidak diragukan lagi, lihat orang-orang di dalamnya, perusahaanya pernah tersandung kasus atau tidak, orang-orang yang mengelola perusahaan tersebut pernah tersandung kasus atau tidak, bagaimana komentar dari para nasabah yang telah ikut di perusahaan tersebut dan berbagai informasi lainnya.

Baca juga:  12 Fasilitas Terbaik dari Azalea Suites Cikarang

Jangan hanya percaya dengan apa yang disampaikan oleh agen asuransi tersebut, tapi gunakanlah berbagai informasi dari luar, sehingga anda akan mendapatkan banyak informasi yang bisa dalami untuk menetapkan keputusan apakah jadi ikut asuransi tersebut atau malah batal.

Gunakan media digital untuk mencari informasi, seperti mesin pencari, media sosial ataupun forum online.

Bacalah Buku Polis Secara Menyeluruh

Buku polis merupakan sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi dan nasabah pengguna layanan asuransi tersebut.

Di dalam buku polis tersebut, disebutkan secara detail apa saja hak dan kewajiban dari perusahaan ataupun dari nasabah.

Poin ini yang juga sering menjadi biang masalahnya. Karena, beberapa calon nasabah hanya main tanda tangan dan setuju saja, tanpa membaca secara detail isi dari polis tersebut.

Sehingga, jika di kemudian hari ada sesuatu masalah yang tidak seperti yang ia harapkan langsung main komplain saja, padahal di buku polis yang telah ia tanda tangani sudah tertera jelas perjanjiannya terkait masalah tersebut.

Karena itu, jika ingin ikut asuransi, jangan malas untuk membaca segala sesuatu yang disodorkan oleh pihak perusahaan, termasuk buku polis ini, agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Mungkin hanya ini yang bisa saya share pada tulisan kali ini, meski mungkin kiat-kiatnya sangat sederhana dan mungkin banyak yang sudah tau, tapi tidak sedikit juga yang mengabaikannya. Semoga bermanfaat, Aamiin!

Lutfi Hamid

Blogger Newbie - Online Marketer + Tukang Cicil Saham

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

17 + ten =

×Chat Me