Kualitas ASI Mempengaruhi Kecerdasan Bayi

Ada dua faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan si kecil. Yang pertama ada faktor internal, yaitu faktor genetik.

Kecerdasan yang dimiliki oleh orang tua dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan yang dimiliki si kecil. Orang tua yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata sangat mungkin memiliki anak yang cerdas pula.

Faktor yang kedua adalah faktor eksternal, eksternal disini dapat diperoleh dari banyak hal. Faktor lingkungan akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil. Karena lingkungan yang baik akan berbanding lurus dengan tumbuh kembang sang anak.

Maka dari itu buatlah lingkungan di sekitar anak Anda menjadi lingkungan yang ramah dan baik agar tumbuh kembang nya dapat menjadikan anak Anda memiliki kecerdasan yang di atas rata-rata.

Faktor eksternal lainnya yang memengaruhi tingkat kecerdasan si kecil yaitu asupan gizi dan nutrisi yang di masuk ke dalam tubuh si kecil.

Bayi dan balita membutuhkan protein, karbohidrat, dan lemak, karena 60 persen energi makanan bayi digunakan untuk pertumbuhan otak.

Selain itu, sebagai seorang ibu, maka Anda harus memberikan si kecil ASI yang terbaik. Karena ASI mengandung nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh si kecil, seperti AA< DHA, sphingomyelin, dan sialic acid.

AA (Arachidonic Acid) dan DHA (Docosahexanoid Acid) adalah zat gizi yang termasuk golongan asam lemak esensial, di mana asam lemak tidak bisa dibentuk oleh tubuh dan harus didapat dari luar.

Selain di ASI, AA dan DHA juga bisa ditemukan di dalam ikan tuna, salmon, sarden, daging, dan telur.

AA dan DHA sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi visual atau penglihatan.

AA berfungsi sebagai zat penghantar (neurotransmitter) dan DHA berfungsi dalam pembentukan sel-sel saraf dan cabang sel saraf (synapse).

Maka dari itu, agar Anda dapat memberikan ASI dengan kualitas terbaik, disarankan juga untuk mengonsumsi suplemen makanan tambahan dan meminum susu khusus ibu menyusui, dimana semua itu dapat Anda beli di apotik terdekat.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat mebaca referensi artikel : https://www.guesehat.com/apa-saja-makanan-yang-memengaruhi-kecerdasan-bayi.

M. Lutfi Hamid

Hanya Manusia biasa yang sukanya ngaku blogger tapi jarang nulis, dan ngaku penjual online tapi jarang upload produk 😀

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

4 − two =