3 Cara Memilih Kampus “Terbaik” dengan Mudah

3 Cara Memilih Kampus “Terbaik” dengan Mudah

Saat berada di tingkat akhir di SMA ataupun MA, yang biasa kita pikirkan dan bahkan menjadi trending topik dalam setiap pembicaraan adalah “Mau kuliah dimana?”

Ada yang menanggapinya santai, ada yang menggebu-gebu, dan ada juga yang hanya tersenyum.

Karena sebagian dari mereka juga bermacam-macam, ada yang sudah dipilihkan orang tuannya entah itu tempat kampusnya ataupun jurusannya

dan ada juga yang orang tuanya memasrahkan ke anaknya mau kuliah dimana sehingga mereka bisa mencarinya sendiri.

Nah pada tulisan kali ini saya akan share bagaimana cara memilih kampus terbaik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

1. Tentukan Jurusan dan Fakultas

Tentu ini yang pertama dan yang utama, yaitu menentukan dulu mau kuliah di jurusan apa dan fakultas apa, sehingga nanti tidak ada penyesalan ketika sudah mulai menjalani kehidupan di dunia kampus.

Karena, belajar di kampus dan di sekolah menengah itu sungguh berbeda, sehingga perlu dipikirkan matang-matang.

Meskipun ada juga yang awalnya merasa salah memilih jurusan, tapi akhirnya malah merasa asyik di jurusan tersebut dan menikmatinya, sehingga muncul sebuah ungkapan, “Tersesat di jalan yang benar” 😉

Ada yang menyarankan untuk memilih jurusan sesuai minat dan hoby, dan ada juga yang menyarankan untuk memilih jurusan sesuai dengan karir impian yang ingin digapai setelah lulus nanti.

Semuanya baik, tinggal anda mau milih jalan yang mana. So, terlebih dahulu tentukan jurusan yang ingin anda masuki.

2. Tentukan Kota Yang Anda Target

Setelah menentukan jurusan yang ingin digeluti, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan kota tempat kampus yang ingin anda tempati, misal jurusan agribisnis di Bandung.

Kenapa ini penting? Karena meski jurusannya sama, setiap daerah suasananya berbeda, iklim kampusnya juga tidak sama, dan budayanya juga berbeda.

Ada kampus yang budaya bacanya tinggi, ada kampus yang budaya diskusinya tinggi, ada juga yang budaya politiknya tinggi, dan tidak sedikit pula yang abu-abu 😀

Karena itu, penting sekali untuk menentukan kotanya setelah menentukan jurusannya agar nanti kita bisa tau apa yang mesti difokuskan, apakah di baca buku terus, atau malah di politik terus.

Nah penentuan kota kampus itu tidak hanya satu saja, tapi harus lebih. Sehingga, kita punya banyak pilihan yang terbaik dari yang terbaik.

3. 2 Cara Menemukan Kampus “Terbaik

Nah setelah menentukan jurusan dan kota kampus, sekarang saatnya menemukan kampus terbaik seperti yang anda impikan.

Proses ini adalah proses pemilihan dari berbagai pilihan yang sudah ditentukan di poin sebelumnya.

Setidaknya ada dua cara yang biasa dilakukan oleh teman-teman yang sudah ada di bangku kuliah, meski tidak semuanya dilakukan 😉

Berikut dua cara yang saya maksud:

a. Bertanya ke “Teman Sekampus”

Cara yang pertama ini banyak dilakukan oleh sebagian besar kalangan ketika ingin kuliah, yaitu mencari dan bertanya ke tetangga atau teman yang sudah kuliah.

Meskipun cara yang biasa dilakukan berbeda dengan yang saya share pada tulisan kali ini, karena yang biasa dilakukan oleh sebagian besar kita adalah …

Cara ini dilakukan sebelum yang cara yang lain, artinya bukan nentuin jurusan dan kota kampus dulu, akan tetapi liat dulu ada tetangga atau teman nggak yang kuliah, kalau misalkan ada, dia kuliah dimana, dan terus dicari info selengkap-lengkapnya, betul? 😉

Nah, di tulisan ini kita mulai dengan mencoba milih jurusan dulu, nentuin kota dulu, baru setelah itu cari teman atau tetangga yang kuliah di tempat yang sudah kita tentukan, baru kita gali info selengkap-lengkapnya.

Bukankah dengan menggunakan cara itu kita benar-benar tahu apa yang mesti ditanyakan? Dan gali infonya lebih terarah dan sesuai dengan yang kita tentukan

Sehingga dengan begitu kita berharap tidak hanya menemukan kampu terbaik tapi juga juga sesuati dengan apa yang kita impikan sedari awal.

Lalu bagaimana jika cara pertama ini tidak ada? Artinya tidak ada teman atau tetangga yang kuliah di tempat yang telah kita tentukan, maka coba gunakan langkah yang selanjutnya.

b. Cari Info di Google

Nah jika poin pertama tidak ada, maka langkah ini pilihan terbaik yaitu dengan menggali info ke mbah google.

Karena saat ini, google hampir menyediakan semua informasi yang kita butuhkan, dan enaknya lagi hampir setiap kampus yang ada juga mempunyai website resmi sebagai sarana informasi, sehingga ini benar-benar klop.

Misalnya, anda sudah menentukan jurusan teknologi pangan di Bandung, maka anda tinggal mengetiknya di google, contoh:

3 Cara Memilih Kampus “Terbaik” dengan Mudah

Nah tinggal dibuka satu persatu, gali informasinya dari sana, cari juga info kualitasnya, kelebihannya, kekurangannya, dan apapun informasi yang kita butuhkan, anda cari selengkap-lengkapnya.

Sehingga, dengan cara begitu kita berharap bisa mendapatkan informasi kampus terbaik seperti yang kita impikan.

Oke, sobat. Mungkin hanya ini yang bisa saya share pada tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

Note: Jika anda ingin kuliah di fakultas pertanian, khususnya jurusan agribisnis dan teknologi pangan, anda bisa memilih “Masoem University

Alamat kampus: Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
Telp : 022 7798340
Whatsapp : 08156033022

Leave a Comment

13 + eight =