Cara Mengatasi Rasa Malas

[Panduan Lengkap] 10+ Cara Menghilangkan Rasa Malas Tanpa Ribet

Cara Menghilangkan rasa malas yang berlebihan

Serius ingin tau cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan dan sering dianggap remeh oleh sebagian besar orang?

Oke, sobat. Pada tulisan ini saya mencoba mengupas banyak hal tentang rasa malas. Karena setiap rasa malas mempunyai penyebab yang berbeda, maka cara penyelesaiannya-pun juga butuh cara yang berbeda.

Sediakan waktu yang cukup untuk membaca tulisan ini, karena mungkin tulisan ini akan sangat panjang sekali.

Anda bisa lihat di daftar isi artikel ini untuk langsung menuju ke pembahasan spesifik, seperti cara menghilangkan rasa malas beribadah, dan lain-lain.

Dan jika anda tidak menemukan tips yang anda inginkan di artikel ini, silahkan tanyakan di kolom komentar, agar nanti saya bisa menambah dan menyempurnakan tulisan ini.

Semoga tulisan ini menjadi pusat solusi untuk berbagai masalah penyakit malas anda, aamiin yaa Rabb.

Yuuk lanjut ke inti pembahasan ๐Ÿ˜‰

Namun, sebelum Anda membaca tulisan ini sampai selesai, ada satu hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu dan ternyata ini yang sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Apa itu?



Tidak Semua Tips Menghilangkan Sifat itu Ampuh, Jika …

Nah.. Ini yang perlu Anda sadari di sini (dan karena itulah Anda beruntung membaca tulisan ini ๐Ÿ˜‰ ) Bahwa semua cara-cara tersebut, bahkan tips-tips di artikel ini bisa sia-sia, jika Anda HANYA membacanya.

Yupz, kebanyakan orang Hanya membaca cara-cara mengatasi malas tanpa pernah mempraktekkan langkah-langkah tersebut

Bahkan yang lebih parah hanya membaca judulnya saja tanpa pernah membaca semua cara-caranya.

Bagaimana bisa Rasa Malas itu Hancur dan Hilang Jika cara-cara yang ada hanya dibaca tanpa pernah dipraktekkan, betul? ๐Ÿ˜‰

Semoga Anda tidak termasuk dari orang-orang tersebut yang hanya membaca tanpa pernah mempraktekkan. (Katakan Aamien dalam hati ๐Ÿ˜‰ )

Dan saya yakin anda pasti bisa mempraktekkannya, karena cara-cara yang saya share pada tulisan ini sangat sederhana dan mudah sekali untuk dipraktekkan, karena saya juga sering mempraktekkan.

Oke, sobat. Agar tidak panjang lebar, yuuk kita simak tips-tips menghilangkan rasa malas yang akut satu persatu ๐Ÿ˜‰

Mau mempraktekkan langkah-langkahnya? Mau, mau banget ๐Ÿ˜€

Ini dia yang Anda tunggu-tunggu ๐Ÿ˜‰

6 Cara Menghilangkan Rasa Malas yang Berlebihan

Berikut 6 langkah yang bisa anda lakukan jika anda merasa penyakit malas yang menggangu anda begitu akut dan berlebihan:

  1. Merubah Cara Bergerak
  2. Merubah Cara Berbicara
  3. Bergaullah HANYA Dengan Orang Yang Positif
  4. Dengarkan Audio Motivasi
  5. Action Meski Hanya Sedikit
  6. Berdoa
Baca juga:  2 Rahasia Membuat Hidup Menjadi Lebih Mudah

Mempraktikkan 1 tips saja biasanya sudah kerasa perubahannya, apalagi dipraktekkan semua ๐Ÿ˜‰

Yuuk lanjut pembahasan lebih lengkapnya terkait langkah-langkah diatas

1. Merubah Cara Bergerak

Pikiran, Rasa dan Tubuh itu saling berkaitan dan saling mempengaruhi, saat kita sedih, maka tubuh kita menjadi lemah, tatapan mata kita menjadi kosong, kepala selalu menunduk dan lain sebagainya.

Pun begitu, saat kita merasa malas, itu juga mempengaruhi cara tubuh kita bergerak.

Karena itu, ubahlah cara anda bergerak, maka rasa malaspun akan berubah menjadi semangat.

Contoh, loncat-loncat, membuat tubuh menjadi tegap entah saat berdiri ataupun duduk, lakukanlah dan tersenyumlah, maka perlahan rasa malas anda mulai hancur.

Lakukan saja, bukankah Anda berjanji untuk praktik? ๐Ÿ˜‰

2. Merubah Cara Berbicara

Selain berpengaruh terhadap cara bergerak, rasa dan pikiran juga mempengaruhi cara kita berbicara.

Disadari atau tidak, saat kita malas, cara bicara kita juga ikut berubah, yang mengeluh lah, yang mulai lemas lah dan lain sebagainya. Iyya khan? ๐Ÿ˜‰

Karena itu, untuk menghilangkan rasa malas Anda, ubahlah cara Anda berbicara, dari yang awalnya lemas menjadi bergairah.

Sekarang coba katakan “YESS..!!” dengan tangan terkepal dan tubuh tegap, dan rasakan kalau rasa semangat mulai menyelimuti Anda.

Itulah kenapa para motivator memiliki ciri khas dalam setiap kata-katanya, seperti TDW dengan kata “DAHSYAT”nya

Karena cara kita berbicara dan kata-kata yang selalu kita pilih ikut mempengaruhi tehadap rasa kita.

3. Bergaullah HANYA Dengan Orang Yang Positif

Rasa dan cara kita melihat selalu dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita. Mereka, orang-orang yang selalu semangat dan tidak malas, dikelilingi oleh orang-orang yang semangat pula.

Jika Anda selama ini selalu merasa malas, coba lihatlah teman-teman yang sering bergaul dengan Anda, apakah pemalas atau sering mengeluh?

Jika iya, cobalah untuk menghindari komunikasi atau paling tidak, mengurangi komunikasi dengan mereka.

Hal ini bukan berarti kita sombong dengan menjauhi mereka, tapi ini demi tercapainya tujuan kita, dan nanti setelah kita berhasil kita bisa bersama mereka untuk membawa mereka menjadi lebih baik ๐Ÿ˜‰

Lalu carilah orang-orang positif yang memang benar-benar bisa membuat Anda Semangat dan bergairah untuk melakukan aktifitas Anda dan menggapai impian Anda.

Lalu bagaimana jika Anda tidak bisa lepas (menjauh) dari orang-orang yang negatif?

Nah, ini yang juga sering saya alami. Saya bergabung di komunitas online yang berisi orang-orang positif, seperti group FB, group WA, dan yang lainnya

Dan pastikan kalau member dari group tsb hanyalah orang-orang positif. Anda boleh meniru cara yang saya lakukan.

Baca juga:  Cara Membangkitkan Semangat Melakukan Sesuatu Yang Tidak Saya Suka

4. Dengarkan Audio Motivasi

Yess, ini yang sering saya lakukan yaitu mendengarkan Audio Motivasi.

Ada banyak Motivator yang merekam materi motivasinya dalam bentuk Audio yang bisa Anda dengarkan untuk membangkitkan semangat Anda.

Salah satu Audio Motivasi yang saya rekomendasikan Spesial untuk Anda adalah Audio Anti Malas milik Kang Rahmat owner Motivasi Islami

Koleksi audio motivasi terpilih untuk menghilangkan malas dan membangkitkan semangat HANYA dengan mendengarkan Audio tersebut.

Silahkan Baca Halaman Berikut untuk informasi audionya => Audio Anti Malas

5. Action Meski Hanya Sedikit

Yaa, ini yang juga tak kalah penting. Lakukan apa yang ingin Anda lakukan meski hanya sedikit, karena rasa malas itu ada karena kita belum melakukan sesuatu.

Paksalah untuk melakukan meski hanya sedikit, nanti juga akan asyik melakukannya.

Dan tanpa anda sadari, rasa malas itu pergi tanpa perlu pamit lagi ๐Ÿ˜€

6. Berdoa

Tak dapat dipungkiri, bahwa berdoa masih menjadi senjata paling jitu untuk mengatasi masalah yang kita hadapi, Termasuk rasa malas yang menghampiri kita.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi penyakit malas adalah dengan berdoa, meminta kepada Tuhan agar rasa malas itu pergi dan tidak mau kembali lagi.

Berdoa agar kita bisa lebih semangat lagi menjalani kehidupan ini, berdoa agar kita tidak malas lagi, dan berdoa agar kita mampu menghadapi dan mengatasi sifat malas yang kita rasakan ini.

4 Cara Mengatasi Penyakit Malas beribadah Sholat

Sebagai orang yang beragama, tentu ada tuntunan dan amalan yang harus kita lakukan setiap hari, termasuk dalam agama Islam.

Biasanya amalan tersebut dikenal dengan ibadah, salah satunya adalah ibadah sholat.

Namun masalahnya, meski ibadah sholat menjadi kewajiban tetap saja banyak dari kita yang merasa malas melakukannya, apalagi yang sunnah seperti shalat tahajjud dan dluha misalnya.

Karena itu, di tulisan ini saya mencoba berbagi ide bagaimana agar kita selalu semangat dan tidak lagi malas saat ada panggilan adzan dari mesjid.

Pertama, Jangan anggap kewajiban.

Yess, kita merasa malas untuk melakukan sholat karena diwajibkan.

Dalam pikiran pendek kita, wajib sama dengan tekanan, sehingga seakan-akan kita tertekan saat melakukan sholat.

Itulah kenapa terkadang kita merasa malas untuk melakukan sholat, karena seakan-akan kita merasa terpaksa, meski ini tidak semuanya lho yaa ๐Ÿ˜‰

Kedua, Anggaplah kebutuhan.

Dengan tidak menganggap sebagai kewajiban bukan berarti menjadi tidak wajib, akan tetapi merubah anggapan kita menjadi kebutuhan.

Yess, kita sholat bukan hanya karena diwajibkan, melainkan kita melakukan ibadah sholat karena kita sebagai hamba memang benar-benar butuh pada Tuhan, bukan Tuhan yang butuh sama kita.

Ketiga, Cari Manfaat-manfaat sholat.

Nah, ini yang akan membuat kita merasa bener-bener butuh untuk melakukan ibadah, khususnya sholat.

Baca juga:  2 Cara Super Ampuh Mengatasi Rasa Malas Belajar

Dan ketika kita merasa butuh, maka rasa malas pun tak akan ada dan berganti rasa semangat yang tinggi, karena kita membutuhkannya.

Caranya adalah dengan mencari manfaat dari melakukan sholat, apa sih manfaat dari sholat yang kita dapatkan selain mendapatkan pahala, misal menyehatkan tubuh karena gerakannya, menenangkan pikiran, dan mencegah dari perbuatan buruk.

Anda bisa cari manfaat-manfaat sholat dari berbagai buku dan kitab ataupun situs terpercaya yang bisa anda temukan di google. Selamat menjelajah ๐Ÿ˜‰

Keempat, Lakukan Saja.

Cara ini sama dengan cara menghilangkan rasa malas di poin pertama, yaitu dengan melakukan sholat tanpa banyak mikir

Karena biasanya yang benar-benar malas itu hanya ketika mau mulai, dan setelah dimulai rasa malas ikut pergi tanpa kita sadari. So, lakukan saja ๐Ÿ˜‰

Doa Menghilangkan Sifat Malas Dalam Islam

Nah, ada juga yang bertanya tentang doa untuk menghilangkan malas, adakah?

Tentu saja ada. Meski mungkin setiap orang berbeda doa-doanya, tapi ada beberapa tuntunan terkait doa mengatasi sifat malas ini.

Lama saya mencari doa untuk menghilangkan sifat malas ini, akhirnya saya menemukannya, sebagai berikut.

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ูƒูŽุณูŽู„ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูุจู’ู†ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู‡ูŽุฑูŽู…ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุจูุฎู’ู„

Allรขhumma innรฎ aโ€˜รปdzubika minal kasali wa aโ€˜รปdzubika minal jubni wa aโ€˜รปdzubika minal harami wa aโ€™รปdzubika minal bukhli

Artinya: โ€œYa Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.โ€

Terapi Menghilangkan Rasa Malas

Apakah bisa menghilangkan penyakit malas dengan teknik terapi? Jika dilakukan dengan benar, maka insyaa Allah kita mengatasi sifat malas dengan terapi.

Ada banyak teknik terapi yang bisa digunakan, seperti Hypnoterapi (terapi berbasis hypnosis), NLP (Neuro Linguistik Programming), EFT (Emotional Freedom Techniques) dan berbagai jenis terapi lainnya.

Salah satu terapi yang paling mudah yang saya rekomendasikan adalah terapi EFT, kemudahan terapi ini bahkan bisa anda pelajari via youtube, meski jika anda ingin mendalami secara lengkap anda bisa belajar melalui training dan workshopnya.

Di artikel lain di website ini, saya pernah mengulas tentang EFT ini, bisa anda baca di halaman berikut => Terapi EFT

Untuk Hypnoteraphy dan NLP, saya sendiri masih belum mempelajarinya secara mendalam, dan saya masih ingin mendalami kedua disiplin keilmuan tersebut dengan mengikuti workshopnya.

Semoga suatu saat nanti bisa tercapai, Aamiin yaa Rabb!

Mungkin hanya itu yang bisa saya share pada tulisan kali ini, semoga Anda bisa menghilangkan rasa malas Anda setelah Anda melakukan semua langkah-langkah di atas.

Bukankah Anda sudah berjanji untuk mempraktekkan semuanya? ๐Ÿ˜‰

Terimakasih!

Lutfi Hamid

Blogger Newbie - Online Marketer + Tukang Cicil Saham dan Reksadana

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

3 + 12 =