Ngeblog Hanya Pakai Smartphone? Kenapa Tidak

Ngeblog Hanya Pakai Smartphone? Kenapa Tidak
  • Save

Salah satu aktivitas yang mengasyikkan di zaman digital ini adalah ngeblog, nulis di blog ataupun menjadi blogger.

Banyak sekali yang ingin memiliki blog dan menjadi blogger, hanya saja tidak sedikit juga yang hanya sampai di kata “ingin” dan tidak berlanjut ke “action”, hingga akhirnya keinginannya tersapu angin lalu.

Saat ditanya kenapa nggak “action”, alasannya klise yaitu tidak punya laptop, tidak punya modem dan lain-lain.

Padahal banyak sekali yang mulai menulis di blog dengan tanpa modal sama sekali.

Saya sendiri memulai ngeblog hanya punya flash disk aja.

Nah kali ini saya akan share pengalaman saya ngeblog dan segala aktivitas seputar blog seperti nulis, desain, dan lain-lain hanya menggunakan smartphone saja

Perjalanan Saya Ngeblog

Awal saya ngeblog, Saya hanya modal flash disk saja tanpa punya laptop, apalagi smartphone.

Jika saya butuh laptop atau komputer saya ke warnet atau meminjam punya teman dan saya hanya fokus pada kemampuan saya yaitu menulis, meski skill menulis saya juga tidak bagus-bagus amat sih.

Akan tetapi, saya hanya ingin mengatakan bahwa melakukan sesuatu dengan modal seadanya atau dengan fokus pada hanya apa yang kita miliki bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Hingga akhirnya saya punya laptop sendiri, dan menjalani aktifitas ngeblog dengan asyik.

Ngeblog Hanya Dengan Smartphone

Setelah laptop saya berkali-kali masuk tukang servis dan mati total, aktivitas ngeblog saya berubah total.

Dan saya ngeblog hanya menggunakan smartphone yang saya punya.

Alhamdulillah, meski mungkin masih banyak kekurangan dan tidak senyaman menggunakan laptop, tapi saya menggunakan smartphone-pun semua berjalan dengan sempurna dan mengasyikkan.

Smartphone pertama yang saya gunakan untuk ngeblog tanpa bantuan laptop adalah merk Huawei T1 7.0, berikut penampakannya.

Ngeblog Hanya Pakai Smartphone? Kenapa Tidak
  • Save
penampakan huawei T1 7.0

Meski teman-teman yang lain sudah mulai beralih ke smartphone dengan jaringan 4G tapi saya masih di 3G, hei Huawei T1 7.0 itu masih jaringan 3G.

Dan masih dengan kesederhanaan itu, dan terus mencoba ngeblog + jualan online dengan modal seadanya tanpa alasan, karena memang budget terbatas untuk upgrade ke smartphone yang lebih bagus.

Dan itu berjalan cukup lama, hingga berkali-kali musim berganti. 😀

Dan sekitar 6 purnama yang lalu saya memutuskan untuk upgrade smartphone dengan jaringan 4G yaitu Oppo A15.

Ngeblog Hanya Pakai Smartphone? Kenapa Tidak
  • Save
Penampakan Oppo A15 punya saya

Karena dengan smartphone yang lebih bagus, tentu aktivitas blogging menjadi jauh lebih lancar.

Dan beberapa purnama yang lalu. Alhamdulillah, saya meraih juara 7 kontes blog, yang mana merancang ide, nulis, edit, desain gambar, hingga posting artikel hanya menggunakan smartphone yang saya miliki + tentu dengan tambahan buku dan pulpen untuk kreativitas tanpa batas.

Kesabaran dan Kreativitas Adalah Kunci

Modal seadanya + terbatas memang gampang-gampang susah. Pun begitu dengan ngeblog modal smartphone, butuh kesabaran yang tinggi dan kreativitas Tanpa Batas agar aktifitas ngeblog menjadi lebih lancar.

Butuh kesabaran untuk loading yang lebih berat, untuk jaringan yang tidak selalu bersahabat, dan untuk kerja yang lebih lambat.

Butuh kreativitas untuk selalu mencari cara agar kerja menjadi lebih efisien, selalu mencari aplikasi yang lebih ringan + sesuai kebutuhan, dan mencari ide-ide yang tak terpikirkan.

Tanpa kesabaran dan kreativitas yang tinggi, ngeblog modal seadanya + terbatas hanyalah semacam membangun istana di alam mimpi.

Tool-tool Yang Saya Pakai Untuk Ngeblog

Saya patut bersyukur karena menemukan banyak sekali tool atau aplikasi yang saya gunakan untuk mempermudah aktivitas ngeblog yang hanya menggunakan Smartphone ini.

Jika kamu punya sedikit skill bahasa Inggris, tentu akan jauh lebih banyak lagi variasi tool yang bisa kamu gunakan dan temukan di jagat maya yang tanpa tepi ini.

Di artikel ini, saya mencoba share tool-tool yang saya pakai untuk ngeblog menggunakan smartphone.

  • Chrome, ini adalah aplikasi pertama dan yang paling utama, digunakan untuk akses dashboard blog, untuk posting, editing theme, dan juga untuk akses tool-tool yang hanya bisa diakses via web.
  • WPS Office, seperti namanya aplikasi ini untuk membuka file word dan excel. Biasanya saya gunakan untuk membuka file dokumen dari partner yang kerjasama dengan saya.
  • ColorNote, dengan tampilan yang sederhana dan memukau + ukurannya yang kecil, saya menggunakan aplikasi ini untuk menulis atau mengedit artikel yang akan saya posting di blog.

    Selain ColorNote, saya juga pakai aplikasi notepad color untuk mencatat ide-ide dan info yang saya temukan di media atau di perjalanan.

    Kelebihan dari keduanya, selain ringan adalah warna background yang berwarna-warni, sehingga bisa menjaga mood kita saat menulis ataupun mengedit artikel.
Ngeblog Hanya Pakai Smartphone? Kenapa Tidak
  • Save
aplikasi colornote dan notepad color
  • SimpleMind Lite, aplikasi ini saya gunakan untuk brainstorming atau curah ide dan mencatat poin-poin yang akan ditulis di artikel blog saya.
Ngeblog Hanya Pakai Smartphone? Kenapa Tidak
  • Save
aplikasi simplemap lite
  • Speech to Text, aplikasi ini untuk mengubah suara menjadi teks. Saya biasanya menulis artikel di buku tulis, kemudian saya baca menggunakan aplikasi ini dan teksnya saya pindah ke aplikasi ColorNote untuk diedit sebelum diposting.
  • Canva, aplikasi ini untuk editing gambar untuk memperindah tampilan artikel di blog dan sebagai ilustrasi artikel blog Saya.
  • Photopea, ini adalah aplikasi web (webased) diakses via browser seperti chrome, tampilannya seperti photoshop, biasanya saya gunakan untuk kompres atau memperkecil ukuran gambar hasil dari desain di canva untuk di posting di blog.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi lain tapi jika hanya untuk ngeblog pakai smartphone, aplikasi di atas sudah lebih dari cukup.

Cari Info Smartphone Sesuai Keinginan? di CariSinyal.com Aja

Jika kamu ingin mencari info smartphone terbaru, info smartphone sesuai keinginan ataupun smartphone sesuai budget kamu bisa menemukan dan membaca info lengkapnya di web carisinyal.com

Ngeblog Hanya Pakai Smartphone? Kenapa Tidak
  • Save
Tampilan web carisinyal.com

CariSinyal adalah media informasi yang menyuguhkan informasi-informasi berkualitas seputar teknologi, diluncurkan pada september 2013 yang lalu, dan saat ini ada di bawah naungan “Bacaterus Digital Media Network”.

Ada banyak informasi berkelas tentang laptop, smartphone aplikasi, game dan banyak lagi informasi lainnya di CariSinyal yang bisa kamu nikmati.

Jadi, jika kamu ingin ngeblog menggunakan smartphone, kamu bisa mencari info smartphone yang cocok di CariSinyal + juga mencari aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan para blogger.

Kesimpulan

Menjalankan aktivitas blogging tidak harus mempunyai peralatan yang canggih dan mewah, bahkan cukup menggunakan smartphone saja sudah bisa ngeblog dengan nyaman dan lancar.

Sedangkan, info smartphone yang sesuai budget dan kebutuhan blogger bisa ditemukan dan dibaca di carisinyal.com

Oke, sobat. Mungkin hanya ini yang bisa saya share pada tulisan kali ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat, aamiin yaa Rabb!

Blogger Newbie - Online Marketer + Tukang Cicil Saham

Leave a Comment

nine + seven =

Copy link
Powered by Social Snap