rich dad poor dad robert t. kiyosaki

[Buku Ke-1] Rich Dad Poor Dad – 1 Pelajaran dari Robert T. Kiyosaki

rich dad poor dad robert t. kiyosaki

Buku “Rich Dad Poor Dad” Ini adalah buku pertama yang sudah saya selesaikan hampir seminggu yang lalu (Saat saya menulis artikel ini).

Tapi baru bisa saya ceritakan sekarang karena ada beberapa pekerjaan yang harus dikerjakan dan juga fokus melanjutkan ke buku yang kedua.

Seperti yang mungkin anda tahu, di artikel lain di blog ini saya cerita bahwa saya punya target untuk membaca 40 buku di tahun 2020 ini (baca disini: Target Baca 40 Buku di Tahun 2020)

Dan salah satu keinginan saya juga setiap buku yang telah dibaca saya ulas di blog ini.

Udah dulu basa basinya, kita lanjut membahas sedikit tentang buku yang udah saya baca ini.

Robert T. Kiyosaki sebagai penulis Rich Dad Poor Dad adalah nama yang tidak asing yang sering saya dengar dari guru-guru saya, baik dari video ataupun ebook bisnis yang pernah saya beli di internet.

Tidak hanya namanya, tapi juga judul-judul dari buku-buku yang ia tulis juga sering saya dengar, meski yang udah dibaca baru yang “Rich Dad Poor Dad” ini, dan masih ada dua buku lagi karya Robert yang segera saya baca dan udah nunggu di gubug saya 😉

Karena itu, tidak heran jika kutipan-kutipan ataupun ide-ide yang ditulis di bukunya Robert juga tidak asing dan cepat saya tangkap dan dimengerti, karena memang sudah banyak dikutip di buku-buku bisnis ataupun ebook-ebook bisnis yang pernah saya baca.

Baca juga:  [Buku ke-3] Rich Dad Cashflow Quadrant

Nah di artikel ini, saya akan share 1 pelajaran yang ada di buku Rich Dad Poor Dad, dan jika anda ingin yang lengkap, silahkan langsung beli bukunya 😀 ada banyak pelajaran penting yang bisa anda dapatkan disana.

Orang Kaya Membuat Uang Bekerja Bagi Mereka

“Orang miskin dan kelas menengah bekerja untuk uang. Orang kaya membuat uang bekerja bagi mereka” begitu kata Robert di bukunya.

Pelajaran ini menarik bagi saya, saya sering mendengarkan kutipan di atas khususnya dari guru-guru bisnis saya ataupun teman-teman saya yang bergelut di dunia investasi.

Dan setelah saya membaca buku ini, saya mulai bisa mencerna apa maksud yang terkandung dari ungkapan tersebut.

Saya akhirnya menyadari bahwa memang banyak dari kita yang mempunyai aktifitas rutin mencari duit, menghabiskan duit, mencari duit lagi, menghabiskan duit lagi dan begitulah seterusnya.

Atau kalaupun ada tambahan, mungkin sebagai berikut; menghasilkan duit, menggunakan duit, sisanya ditabung, menghasilkan duit lagi, menggunakan duit lagi, sisanya ditabung lagi, dan begitulah seterusnya.

Betul? 😉

Padahal dari hasil duit yang kita tabung, bisa kita gunakan untuk menghasil uang lebih banyak lagi – HANYA jika kita tahu caranya.

Dan contoh yang diberikan Robert di bukunya adalah investasi, baik itu investasi di real estate yang memang menjadi kesukaannya ataupun di investasi di saham.

Baca juga:  [Target Baru] Membaca 40 Buku Hingga Selesai di Tahun 2020

Meski, jika dibaca lebih dalam lagi, untuk meniru apa yang dilakukan oleh Robert di bukunya agar uang bisa bekerja untuk kita tentu butuh modal yang tidak sedikit atau paling tidak, butuh ilmu dan skill yang perlu dipelajari dan terus dikembangkan.

Karena itu, saya memulainya dari yang saya bisa dulu dan mulai dari bawah yaitu investasi di emas dan reksadana, meski dua hal ini bukan rekomendasi dari Robert T. Kiyosaki, tapi nggak apa-apa lah untuk memulai, semoga suatu saat nanti bisa meniru Robert.

Saya ingat dengan salah satu statusnya teman saya di FB yang mana dia juga bergelut di dunia investasi, kurang lebih dia bilang begini, “Untuk pemula, alurnya jika ingin investasi, dimulai dari emas, kemudian reksadana, kemudian saham, kemudian properti”,

Karena itu, sejak baca status teman saya itu, saya mulai membeli emas sedikit demi sedikit semampu saya untuk proteksi nilai uang di masa depan.

Dan sejak baca buku “Rich Dad Poor Dad”, saya mulai belajar menjajaki dunia investasi dan yang menjadi pilihan adalah Reksadana sebagai pijakan awal, sambil lalu saya terus belajar segala yang berhubungan dengan investasi, khususnya pasar modal.

Mungkin suatu saat nanti bisa ke saham, tapi untuk saat ini nggak dulu, karena masih belum punya ilmunya 😀 belajar dulu baru nyemplung.

Baca juga:  [Buku ke-2] Berpikir dan Berjiwa Besar – Pelajaran Tentang Pertanyaan Diri

Dan salah satu aplikasi yang saya gunakan untuk membeli produk investasi reksadana adalah Bibit, salah satu aplikasi reksadana online, yang bisa anda Daftar Disini, gunakan kode Referal diskonkita saat mendaftar untuk mendapatkan dana investasi gratis.

Mungkin hanya ini saya bisa saya share tentang bacaan saya terhadap buku Rich Dad Poor Dad dan Pelajaran yang bisa saya jalankan di kehidupan saya.

Meski malah lebih banyak ceritanya dari isi pelajarannya 😀 tapi nggak apa-apa lah, yang penting tulisan bisa menjadi bukti bahwa saya telah menghatamkan buku yang pertama dari 40 buku target saya di tahun 2020 ini 😉

Saya sarankan anda untuk membeli anda memiliki buku Robert T. Kiyosaki ini jika ingin mendapatkan banyak ide-ide baru tentang bagaimana membuat uang bekerja untuk anda.

Terimakasih, dan lanjut ke buku selanjutnya 😉

Lutfi Hamid

Blogger Newbie - Online Marketer + Tukang Cicil Saham dan Reksadana

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

five − 3 =