Stunting: Antara Harapan dan Tantangan

stunting

Sebenarnya, masalah stunting bukanlah hal baru di dunia ini, bahkan mungkin sejak dulu sudah ada, hanya saja istilahnya mungkin berbeda, dan mungkin masalah tersebut belum menjadi perhatian yang benar-benar serius di masa-masa sebelumnya.

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak, baik itu pertumbahan tubuh ataupun otaknya, sehingga si anak tersebut tumbuh berkembang tidak sebagaimana anak pada umumnya.

Untuk perkembangan tubuh, maka tubuh si anak berkembang tidak sebagaimana mestinya, tubuhnya lebih pendek dari pada biasanya.

Dan untuk perkembangan otak, si anak yang stunting tersebut berpikir lebih lambat dari umumnya.

Tentu hal ini perlu dipikirkan secara serius dan dicarikan solusinya, agar masalah stunting ini bisa diatasi atau setidaknya bisa diminimalisir.

Si Buah Hati, Sebuah Harapan

Dalam salah satu ungkapan klasik disebutkan bahwah “Pemuda Hari ini, Pemimpin Hari Esok”, bahwa yang akan menjadi pemimpin suatu saat nanti adalah yang saat ini masih muda-muda.

Dan akan menjadi masalah serius jika kualitas pemuda yang ada saat ini tidak sesuai harapan, bagaimana cara mereka menjadi pemimpin suatu saat nanti?

Pemuda adalah harapan untuk masa depan, karena mereka yang suatu saat nanti akan menggantikan pemimpin-pemimpin saat ini saat mereka seperti para pemimpin saat ini.

Jika para pemuda hari ini adalah pemimpin hari esok yang kelak akan menggantikan para pemimpin saat ini, maka anak kecil hari ini adalah para pemuda hari esok.

Baca juga:  1 Rahasia Bulan Puasa Yang Sedikit Orang Menyadari

Jika para pemuda hari ini adalah harapan hari esok, maka anak-anak kecil hari adalah para pemuda hari esok.

Jika pemuda adalah harapan, maka sesungguhnya anak-anak kecil yang ada saat ini juga merupakan harapan, bahkan mungkin harapan di atas harapan 😉

Stunting, Sebuah Tantangan

Seperti yang saya katakan di pembahasan sebelumnya bahwa anak-anak kecil saat ini pemuda hari esok, dan mereka-mereka ini merupakan harapan, bahkan mungkin harapan di atas harapan.

Dan seperti yang saya katakan di bagian awal bahwa stunting merupakan kondisi gagal pada pertumbuhan si anak yang membuat anak bertumbuh tidak seperti umumnya.

Tentu ini menjadi tantangan tersendiri, jika sang anak adalah harapan kita di masa depan agar ia menjadi penerus dan pemimpin setelah kita nanti sudah tua atau sudah tiada.

Sedangkan stunting adalah penghambat yang membuat sang anak sulit menjadi seperti yang kita harapkan karena ia menjadi tumbuh tidak seperti umumnya, dengan tubuh yang lebih pendek dan cara berpikir yang lebih lambat.

Stunting, Bukan Hanya Tanggung Jawab Orang Tua

Stunting memang masalah bagi sang anak dan hal tersebut menjadi beban pikiran bagi orang tuanya untuk mengatasi masalah tersebut, karena jika dibiarkan tanpa dicarikan solusinya, maka siapa yang bakal menjadi penerus suatu saat nanti.

Lalu apakah tanggung jawab untuk mengatasi masalah stunting ini hanya untuk orang tuanya saja?

Baca juga:  Tidak Perlu Bahagia Dulu Untuk Membahagiakan Orang Lain

Menurut saya pribadi tidak, tidak hanya orang tua saja yang bertanggung jawab untuk memikirkan masalah stuting ini, tapi juga negara atau siapapun yang merasa bahwa anak-anak adalah penerus-penerus mereka kelak.

Dan beruntunglah pemerintah kita memang mempunyai program khusus untuk mengatasi masalah stunting di negeri ini, alhamdulillah.

Mayora dan Stunting

Seperti yang saya katakan di poin sebelumnya, bahwa bukan hanya orang tua dan negara saja yang seharusnya memikirkan masalah stunting ini, tapi juga siapapun yang merasa bahwa anak-anak adalah harapan mereka di hari esok yang akan menggantikan mereka.

Perusahaan Mayora adalah perusahaan yang didirikan sejak tahun 70-an dan memiliki karyawan ratusan bahkan ribuan dan produknya sudah sering kita nikmati sehari-hari.

Berita baiknya, perusahaan mayora juga mempunyai program Mayora Cegah Stunting, yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah stunting di negeri tercinta ini.

Karena bagaimanapun stunting adalah permasalahan bangsa yang harus kita hadapi bersama dan perlu dicarikan solusi pencegahannya bersama, tidak hanya orang tua saja, tapi juga negara, bahkan siapapun yang berharap negeri ini bertambah dan terus maju kedepannya.

Semoga masalah stunting di negeri ini semakin hari semakin mengecil dan bahkan menjadi hilang dari peredaran bumi, Aamiin yaa Rabb!

Lutfi Hamid

Blogger Newbie - Online Marketer + Tukang Cicil Saham dan Reksadana

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

2 × 5 =