7 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Tanpa Perlu Minum Obat

7 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur Tanpa Perlu Minum Obat

Setiap orang pasti mendambakan ingin memiliki kualitas tidur yang baik di malam hari. Tak mengherankan karena tidur yang berkualitas bisa menambah semangat dalam menjalani rutinitas di pagi harinya.

Lalu bagaimana dengan orang yang insomnia? Tentu kecil kemungkinannya untuk merasakan tidur yang berkualitas.

Jika anda juga insomnia, anda tak perlu khawatir. karena, saat ini sudah banyak cara mengatasi susah tidur yang terbukti berhasil tanpa harus minum obat.

Di tulisan kali ini, saya mencoba share 7 cara mengatasi penyakit susah tidur yang bisa anda praktekkan saat anda sendirian di dalam kamar menanti tidur yang tak kunjung datang.



7 Cara Mengatasi Susah Tidur

Insomnia atau kondisi dimana kita kesulitan untuk tidur bisa diatasi secara mudah dengan cara-cara di bawah ini. Pastikan anda memperhatikannya sampai selesai.

1. Minum Susu Hangat

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sulit tidur yaitu minum susu hangat.

Perlu untuk anda ketahui, rasa hangat yang didapat setelah minum susu akan masuk ke perut dan membuat tubuh menjadi rileks.

Kondisi tubuh yang tenang dan nyaman bisa memudahkan anda untuk tidur lelap.

2. Atur Pencahayaan Di Dalam Kamar

Selain minum susu, anda juga perlu mengatur pencahayaan kamar tidur anda agar tak terlalu terang.

Akan lebih baik jika anda tidur dalam kondisi ruangan gelap. Hal ini dikarenakan mata akan cepat terlelap jika ruangan gelap.

Selain itu, pikiran anda juga akan berkurang tingkat kewaspadaannya sehingga bisa lebih cepat tidur.

Dengan alasan tersebut, kini anda tak perlu ragu lagi untuk mematikan lampu di kamar tidur anda.

Namun jika anda takut tidur dalam kegelapan, anda bisa membuat pencahayaannya menjadi temaram. Dalam hal ini, anda cukup menghidupkan lampu yang kecil.

3. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi susah tidur lainnya yaitu dengan mandi air hangat. Dengan mandi menggunakan air hangat, maka tubuh akan menjadi lebih rileks dan nyaman.

Akan semakin manjur apabila anda menambahkan beberapa tetes minyak lavender. Dijamin tidur anda bisa lebih nyenyak dan merasa segar di pagi harinya.

4. Relaksasi

Relaksasi ternyata juga ampuh dalam mengatasi susah tidur. Dalam relaksasi ini, anda bisa melakukan latihan pernafasan, meditasi, hingga relaksasi otot.

Lakukan relaksasi tersebut saat 20-30 menit sebelum tidur. Dengan begitu, anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Di tulisan lain di blog ini, saya pernah menulis tentang relaksasi untuk membuat pikiran menjadi tenang dan damai. Dan enaknya, kita bisa melakukan relaksasi dengan bantuan audio relaksasi.

Selengkapnya, bisa anda baca disini => Menenangkan Pikiran dengan Audio Relaksasi

5. Hindari Gadget

Susah tidur akan memaksa anda untuk begadang di setiap malamnya. Kondisi ini akan semakin parah apabila anda tak lepas dari gadget.

Mengoperasikan gadget ketika hendak tidur akan membuat mata dan otak tetap aktif. Maka dari itu, ketika menjelang tidur, pastikan anda menjauhi gadget.

Tak cukup dengan menjauhinya saja, anda juga perlu memasang mode pesawat pada gadget anda. Dengan begitu, tidur anda bisa terhindar dari radiasi sinyal radioaktif.

Akan lebih baik lagi jika anda meletakkan gadget di luar jangkauan anda.

6. Konsumsi Makanan yang Mengandung Tryptophan

Makanan dengan kandungan tryptophan bisa membantu anda untuk tak begadang lagi.

Cara mengatasi susah tidur ini tak boleh anda abaikan begitu saja. Tryptophan terbukti mampu merangsang otak agar tidur lebih cepat.

Menurut wikipedia, tryptophan adalah prekursor melatonin atau hormon perangsang tidur dan juga merupakan prekursor dari vitamin B3 yang menginduksi sensasi rileks dan rasa kantuk.

Karena itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung tryptophan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Adapun makanan yang di dalamnya mengandung tryptophan diantaranya yaitu kacang kedelai, daging ayam, keju cair, dan ikan tuna.

7. Hindari Kafein

Minum minuman yang mengandung kafein akan membuat anda lebih susah tidur.

Hal ini dikarenakan kafein bisa menimbulkan rasa cemas sehingga menurunkan kualitas tidur. Adapun salah satu minuman yang mengandung kafein yaitu kopi.

Beberapa cara mengatasi susah tidur di atas bisa anda praktekkan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Jangan ragu untuk membuktikannya mulai hari ini.

Mungkin hanya ini yang bisa saya share pada tulisan kali ini, silahkan dishare jika dirasa bermanfaat dengan menekan tombol share di bawah. 😉

Semoga tulisan ini bermanfaat, Aamiin!

Lutfi Hamid

Blogger Newbie - Online Marketer + Tukang Cicil Saham dan Reksadana

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

six + 10 =

× Chat Me via WhatsApp