[Target Baru] Membaca 40 Buku Hingga Selesai di Tahun 2020

Ini bukan resolusi tahunan seperti yang biasa orang lain lakukan sebelum tahun baru tiba atau bahkan di awal tahun baru, karena ide ini justru muncul di awal bulan Pebruari sesaat sebelum saya menulis artikel ini.

Saya sendiri tidak mengerti, entah mengapa akhir-akhir ini semenjak awal januari lalu, saya selalu ingat akan kebiasaan-kebiasaan yang saya lakukan ketika di kampus dan juga ketika di pondok tempat saya menimba ilmu

Yaitu kebiasaan membaca buku …

Saya jadi ingat bagaimana saya membaca novel sam kok dan novel karya Kho Ping Hoo saat masih MTs hingga kurang lebih 60 jilid dan selesai kurang dari satu bulan.

Saya jadi ingat bagaimana saya membaca cerita silat setiap hari khatam tiga buku hingga kurang lebih enam bulanan.

Saya jadi ingat bagaimana saya pinjam tiga buah buku setiap tiga hari di perpustakaan kampus dan mau tidak mau kudu diselesaikannya meski tidak semuanya sempurna 😀

Saya jadi ingat bagaimana saya jalan kaki dari kontrakan ke kampus dan dari kampus ke kontrakan sambil baca buku hampir setiap hari selama beberapa smester.

Saya juga jadi ingat bagaimana saya ngopi hampir setiap pagi di warung sambil baca buku dan diskusi hingga lebih dari dua jam-an.

Dan masih banyak lagi ingatan saya tentang saya dan buku-buku yang pernah mampir di tangan saya 😉

Baca juga:  [Buku ke-2] Berpikir dan Berjiwa Besar – Pelajaran Tentang Pertanyaan Diri

Dan karena ingatan tersebut, membuat saya menceritakan semuanya kepada murid-murid di kelas yang saya ajari, dengan harapan mereka juga bisa rajin bahkan gila baca buku melebihi saya 😉

Dan beberapa hari kemaren, saat saya membeli buku baru sebanyak 4 buah, entah kenapa saya begitu ingin membuat target baru di tahun 2020 ini …

Dan target tersebut adalah membaca 40 buku sampai khatam di tahun 2020 ini …

Dan mungkin setiap kali saya selesai membaca satu buah buku, akan saya ceritakan pengalamannya disini (semoga), Aamiin!

Mungkin, buat teman-teman yang memang rutin setiap hari baca buku, 40 buku dalam setahun bukanlah hal yang besar dan sangat gampang diselesaikan.

Akan tetapi, bagi saya yang sudah istirahat sekian lama dalam baca buku setelah lulus dari kampus sekitar kurang lebih 4 tahunan, dan dalam setahun kadang tidak khatam hingga 3 buku saja, karena baru satu bab baca malah pindah ke buku lain 😀

Tentu, 40 buku dalam setahun masih perlu usaha yang lebih ekstra karena masih dibenturkan dengan berbagai kegiatan di sekolah dan rumah.

Apalagi yang dibaca bukanlah novel yang biasanya sekali duduk langsung khatam 😀

Beda dengan dulu ketika masih di pondok dan di kampus yang memang kerjaannya belajar terus, sehingga waktu yang saya miliki untuk belajar begitu banyak dan tak heran dalam beberapa hari sudah selesai beberapa buku.

Baca juga:  [Buku Ke-1] Rich Dad Poor Dad – 1 Pelajaran dari Robert T. Kiyosaki

Semoga target ini bisa selesai dan membawa perubahan besar-besaran dalam hidup saya pada khususnya, aamiin yaa rabbal aalamiin!

Oya, setelah saya membuat target tersebut, saya ceritakan target saya ke murid-murid saya di sekolah dan meminta mereka juga untuk membuat target baru di tahun 2020 ini.

Sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, karena itu mereka awalnya bingung mau ngapain dan setelah saya jelaskan mereka mulai mengerti.

Dan alhamdulillah, mereka menulis target-target yang juga ingin mereka capai di tahun 2020 ini mulai dari baca buku, memahami kitab kuning, hingga menghafal al-Quran.

Melihat semua itu, saya bahagia luar biasa. Doakan yaa, sobat. Semoga target saya dan juga target murid-murid saya bisa tercapai dengan sempurna dan memuaskan, aamiin!

Dan di halaman ini, insyaa Allah akan terus saya update sesuai perkembangan goal yang saya tentukan di atas guna sebagai jurnal bahwa target saya masih saya kerjakan.

Semoga cerita ini bermanfaat buat para pembaca semua, Aamiin yaa Rabb!

Daftar Artikel Tentang Baca Buku Yang Pernah Saya Tulis

Daftar Buku Yang Sudah Saya Baca

  1. [Buku Ke-1] Rich Dad Poor Dad – 1 Pelajaran dari Robert T. Kiyosaki
  2. [Buku ke-2] Berpikir dan Berjiwa Besar – Pelajaran Tentang Pertanyaan Diri
  3. [Buku ke-3] Rich Dad Cashflow Quadrant
M. Lutfi Hamid

Hanya Manusia biasa yang sukanya ngaku blogger tapi jarang nulis, dan ngaku penjual online tapi jarang upload produk 😀

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

seven + 19 =