menghilangkan rasa malas baca buku

8 Cara Jitu Mengatasi Rasa Malas Membaca Buku

Cara menghilangkan rasa malas membaca buku

Beneran anda pengen tahu bagaimana cara mengatasi rasa malas saat baca buku? Ya iyalah, ngapain juga baca tulisan ini kalo nggak pengen menghilangkan rasa malas baca buku.

Oya? hehe itu berarti anda sudah siap menjadi kutu buku. 😀

Oya Sobat, tulisan ini sebenarnya tulisan ini terinspirasi dari banyak teman-teman saya yang nanya bagaimana cara agar tidak malas membaca buku?

Saya sudah buat status tentang hal ini di facebook, tapi akhirnya saya kira itu kurang efektif karena lama-kelamaan status itu menghilang dengan banyaknya status terbaru

Sedangkan pertanyaan itu terus bermunculan, akhirnya saya mencoba menulisnya di blog ini. Semoga anda suka membacanya. 🙂

Oke, Sobat. tanpa basa-basi lagi, Inilah 8 Cara dan Syarat menghilangkan rasa malas membaca buku yang perlu anda tahu 🙂



1. Punya Keinginan Yang Kuat

Yess, Ini mutlak anda perlu punya, kenapa? jika keinginan anda untuk baca buku masih kurang kuat, maka akan mudah dikalahkan oleh hal-hal yang kurang begitu bermanfaat.

Saat anda sedang asyik baca buku, ehh tiba-tiba doi anda ngirim pesan via WA, selanjutnya anda letakkan buku anda dan anda beralih ke smartphone anda

Yaa kemudian bisa anda bayangkan sendiri apa yang terjadi hehe.

Karena itu, tanamkan keinginan anda dengan kuat dalam hati anda bahwa anda bisa menjadi kutu buku.

2. Mempunyai Motivasi Yang Kuat

Selain mempunyai keinginan yang kuat, Anda juga harus punya motivasi yang kuat kenapa anda ingin membaca buku. Gampangnya, arti dari motivasi disini adalah alasan.

Jadi, anda harus memiliki alasan yang kuat kenapa anda harus membaca buku. Jika anda tidak punya alasan yang kuat, tentu anda akan langsung menyerah bahkan sebelum sampai 2 halaman anda membaca.

Sebagai contoh, saya membaca buku ini karena saya ingin tahu bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari internet, karena saya ingin membahagian orang tua saya dengan memberangkatkan mereka ke Tanah Suci Mekkah.

Karena itu, saya membaca buku ini. Itu adalah salah satu contoh alasan mengapa saya membaca buku.

Dan Anda tidak harus meniru alasan yang saya contohkan di atas. Silahkan buat alasan yang sesuai dengan bidang atau minat anda. Key!

3. Memilih Buku Yang Sesuai Dengan Bidang/Minat Anda

Kenapa harus memilih buku yang sesuai dengan bidang atau minat anda?

Karena, Jika tidak sesuai dengan minat atau bidang yang sedang anda tekuni, tentu akan membuat anda cepat bosan dan malas, namanya juga tidak srek, iya nggak?

Sebagai contoh, Jika bidang anda di pendidikan agama, maka jangan membaca buku matematika.

Jika bidang anda di sosiologi maka jangan membaca buku fisika, begitupun seterusnya.

Bacalah buku yang HANYA sesuai dengan bidang atau minat yang sedang anda tekuni atau ingin anda tekuni.

4. Mulailah Dari Buku Yang Mudah dan Ringan

Nah, jika anda tidak mau memilih buku yang sesuai dengan bidang atau minat anda karena anda inginnya banyak baca buku atau jika anda memang masih “pemula” dalam baca buku dan ingin rajin baca buku

Maka mulailah dulu dari buku-buku yang ringan seperti novel, cerpen, buku motivasi, dan buku-buku ringan lainnya.

Saya dulu awalnya suka baca cerita silat hehe

Yess, jangan mulai dengan membaca buku-buku berat seperti filsafat, pemikiran dan yang lainnya, karena itu malah membuat anda semakin muak melihat buku.

Ada saatnya nanti anda membaca buku-buku yang berat, saat anda benar-benar lengket dengan buku 😀 😀

5. Bangun Rasa Cinta Terhadap Buku

Selanjutnya, adalah anda perlu membangun rasa cinta anda terhadap buku, karena tanpa rasa cinta, anda sering mengabaikan dan meninggalkannya, iya nggak? 🙂 🙂

Ya, tapi bagaimana caranya? Bagaimana cara membangun rasa cinta itu?

Yaitu dengan seringnya bertemu atau dengan seringnya membawa dan membaca.

Anda Sudah tahu salah satu Teori Cinta, bukan? Hehe

Ya ya ya, dalam salah satu teori cinta dikatakan Kalo Rasa Cinta Akan Tumbuh Karena Seringnya Bertemu. Begitu juga dengan membaca buku.

Pesan dari Robin Sharma dalam buku The Greatness Guide seperti ini, “Janganlah Meninggalkan Rumah Kalo Tidak Bawa Buku!”.

Ya anda harus sering-sering membawa dan membaca buku.

6. Sering-seringlah Ngobrol Dengan Orang Yang Kutu Buku

Mungkin cara ini agak aneh, pengen suka baca buku kok malah disuruh ngobrol? hehe ya emang gitu

Tapi ini ngobrolnya beda, ngobrolnya bukan dengan sembarang orang, tapi dengan orang yang juga kutu buku

Karena biasanya orang yang kutu buku itu ketika ngobrol dia nggak perduli dengan obrolannya, dan malah lebih senang melototin isi bukunya

Sehingga teman ngobrolnya itu merasa kesepian dan selanjutnya malah ketularan baca buku juga hehe asyik bukan?

7. Membuat Target Membaca

Tips yang ketujuh ini adalah cara yang baru saya sadari dan saya temukan baru-baru ini, jadi ceritanya begini …

Semenjak saya wisuda di kampus beberapa tahun lalu, aktifitas saya dalam baca buku mulai menurun, selalu gonta ganti dan tak pernah khatam.

Bahkan kadang dalam satu bulan tidak baca buku satu lembarpun, padahal keinginan untuk baca di dalam hati masih terus berkobar, entahlah 🙁

Hingga akhirnya, awal pebruari kemaren saya membuat target di tahun 2020 akan membaca minimal 40 buku.

Ceritanya bisa anda baca disini => Target Baru, Baca 40 Buku di Tahun 2020

Dan entah kenapa, sejak bikin target tersebut saya mulai semangat kembali untuk membaca, dan hampir di setiap waktu luang saya isi dengan membaca.

Sebelum membuat target, waktu luang saya hampir selalu saya isi dengan main smartphone, fb-an, dll.

Semoga rasa semangat dalam baca buku ini selalu dan akan terus berkobar.

8. Action

Yupz, semua tips di atas tidak akan ada gunanya jika anda tidak langsung membaca, jika anda tidak action.

Dan Jika sebelum action anda melakukan tips-tips di atas, maka saat membaca anda akan lupa diri dan tidak ingat alam sekitar

Anda akan keasyikan membaca. Dan entah kenapa tiba-tiba buku yang anda baca sudah sampai di halaman terakhir #aseekk

Oke, sobat. Mungkin hanya itu yang bisa saya share pada tulisan kali ini tentang Cara Jitu menghilangkan rasa malas membaca buku, semoga membantu anda menghajar rasa malas anda.

Sekian, Terima Kasih

M. Lutfi Hamid

Hanya Manusia biasa yang sukanya ngaku blogger tapi jarang nulis, dan ngaku penjual online tapi jarang upload produk 😀

Artikel Menarik Lainnya ;-)

Leave a Comment

three × 2 =